Masuki Musim Kemarau, BMKG Imbau Daerah Lakukan Mitigasi

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Juli 2020

MADIUN- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau. Hal itu seperti yang dikatakan Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal. Dirinya menyampaikan analisis BMKG hingga 20 Juni 2020 yang menunjukkan hanya 48,8 persen wilayah Indonesia yang masih mengalami musim hujan.

“Analisis BMKG hingga Juni menunjukkan sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami musim kemarau, sedangkan sisanya masih mengalami musim hujan,” kata Herizal dalam keterangan tertulis dalam situs BMKG.

Herizal menjelaskan musim kemarau ditandai oleh berkurangnya hari hujan dan rendahnya jumlah curah hujan yang terukur di permukaan. Sebagian besar wilayah di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali dan Jawa Timur misalnya, telah mengalami hari tanpa hujan berturut-turut (deret hari kering) berkisar antara 20-60 hari.

Terkait perkembangan musim kemarau dan prospek curah hujan 6 bulan mendatang, serta tidak adanya ancaman potensi anomali iklim global yang signifikan, Herizal mengimbau mitra kerja BMKG dan juga masyarakat umum secara luas hendaknya dapat memanfaatkan informasi iklim itu untuk kewaspadaan atau untuk perencanaan jangka pendek.

“Untuk daerah yang masih mendapatkan curah hujan tinggi perlu mewaspadai potensi perkembangan nyamuk pembawa penyakit demam berdarah,” ujarnya.

Lebih dari itu, dia mengimbau untuk daerah-daerah yang telah memasuki musim kemarau dengan deret hari kering yang cukup panjang, serta diprediksi dalam 2 hingga 4 bulan ke depan menerima hujan dengan intensitas rendah untuk melakukan langkah mitigasi. Mitigasi itu antara lain, budi daya pertanian yang tidak membutuhkan banyak air, melakukan gerakan hemat penggunaan air bersih, serta mewaspadai kebakaran hutan, lahan dan semak.

Sedangkan sebagian besar wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Barat bagian Utara telah mengalami hari tanpa hujan berturut-turut berkisar antara 10-30 hari. Herizal berkata curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia pada pertengahan Juni 2020 berada pada kriteria ‘rendah’, yakni 0-50 mm/dasarian.

“Prediksi curah hujan pada akhir Juni hingga pertengahan Juli 2020 umumnya akan berada pada kisaran kriteria rendah (0-50 mm/dasarian) hingga menengah (50-150 mm/dasarian) di sebagian besar wilayah,” pungkasnya.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!