PT KAI Mulai Operasikan KA Turangga, Penumpang Diimbau Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Juli 2020

MADIUN – Satu per satu perjalanan KA mulai dibuka oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Terbaru, perusahaan penyedia jasa transportasi darat tersebut mengoperasikan kembali KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir PP.

Dibuka kembalinya perjalanan KA Turangga dimulai pada Jumat, 3 Juli 2020. Hal ini sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api.

‘’Karena tingginya minat dan antusiasme masyarakat, maka kami membuka kembali perjalanan KA Turangga,’’ tutur Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Kamis (2/7).

Meski begitu, KA Turangga hanya akan beroperasi pada akhir pekan saja. Yakni, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Hal ini dikarenakan tingginya jumlah penumpang pada akhir pekan. Terbukti sejak dioperasikan kembali beberapa KA jarak jauh dan menengah pada 12 Juni lalu, tercatat 3.682 penumpang naik dari seluruh wilayah Daop 7 ke beberapa kota di Jawa. Sedangkan, pengguna KA lokal pada periode yang sama sejumlah 18.421 orang.

Bagi calon penumpang yang akan naik KA, Ixfan mengimbau untuk tetap mengikuti persyaratan yang sudah diatur dalam SE No. 9 Tahun 2020. Yaitu, wajib memiliki surat keterangan negatif hasil tes PCR atau Rapid Test yang masih berlaku. Atau, surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang.

“Bagi yang tidak bisa memenuhi persyaratan itu, akan kita tolak naik KA,” imbuh Ixfan. Total sebanyak 579 calon penumpang gagal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan dari sejak 12 Juni lalu.

Selain itu, Ixfan menuturkan, para calon penumpang juga wajib mengikuti protokol naik KA. Baik saat berada di stasiun maupun di atas KA. Yaitu, menjaga jarak, memakai masker, pelindung wajah atau face shield, serta memakai baju lengan panjang atau jaket. ‘’Untuk face shield bagi penumpang kami sediakan. Khusus yang ke Jakarta, calon penumpang tetap wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM),” tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!