Ikuti Khitan Massal Besok, Peserta Jalani Rapid Test Gratis Hari Ini

Di Posting Oleh madiuntoday

3 Juli 2020

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun bakal menggelar khitan massal, Sabtu (3/7) besok. Peminatnya cukup banyak. Keamanan dan kesehatan protokol kesehatan tentu harus dikedepankan dalam pandemi seperti sekarang ini. Karenanya, peserta khitan massal wajib mengikuti rapid test, Jumat (3/7). Selain sebagai deteksi dini, rapid test sebagai bentuk keamanan bagi petugas khitan.

‘’Bagi peserta khitan massal wajib mengikuti rapid test terlebih dahulu hari ini. Pelaksanaannya, di masing-masing Puskesmas wilayah setempat,’’ kata kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah, Jumat (3/7).

Seperti yang terlihat di Puskesmas Oro-oro Ombo ini. Sebanyak 14 peserta khitan mengikuti rapid test di sana. Rapid test tidak dipungut biaya alias gratis. Semuanya terkonfitmasi non reaktif. Artinya, mereka dapat mengikuti khitan massal besok di Rumah Dinas Walikota. Aflah menyebut rapid test tidak dilakukan sembarangan. Namun, dilakukan secara terukur dan selektif. Artinya, hanya yang benar-benar membutuhkan. Tidak hanya peserta khitan massal. Tapi juga peseta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

‘’Saat ini pelajar yang akan mengikuti UTBK dan peserta khitan massal yang dinilai perlu dan membutuhkan rapid test. Ke depan, mungkin bisa yang lain lagi menyesuaikan kebutuhan,’’ ungkapnya.

Aflah menambahkan tim gugus tugas selalu memantau perkembangan situasi. Analisa dilakukan untuk melihat perlu dilakukan layanan rapid test gratis atau tidak. Dia mencontohkan rapid test untuk peserta UTBK kali ini. Layanan itu mengemuka setelah panitia seleksi wilayah masuk perguruan tinggi menjadikan rapid test sebagai syarat. Pemerintah Kota Madiun langsung mengambil kebijakan untuk memberikan layanan gratis.

‘’Sesuai instruksi bapak walikota, rapid test harus terukur agar bermanfaat secara optimal. Tim benar-benar harus memastikan dulu seberapa penting dan perlu layanan rapid test gratis sebelum dilaksanakan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 22 Oktober 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Don`t copy text!