Efektifkan Pembelajaran Jarak Jauh, Puluhan Guru Perdalam Belajar Olah Video

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Juli 2020

MADIUN- Pendidikan sebagai soko guru kehidupan menjadi hal dasar yang tak bisa ditinggalkan. Di tengah pandemi ini, pendidikan menjadi salah satu fokus perhatian yang tak bisa dikesampingkan. Namun, situasi tak menentu akibat Covid-19 membuat sesi belajar mengalami ketidakpastian.

Maka dari itu, perlu perubahan di berbagai sisi untuk mampu beradaptasi di tengah situasi pandemi. Berangkat dari sana, puluhan pendidik tingkat sekolah dasar di Kota Madiun memperdalam ilmu pembuatan video sebagai bekal untuk media pembelajaran persiapan tahun ajaran baru 2020/2021.

Seperti yang terlihat di Aula SD Mojorejo Dua pada Senin (6/7). Puluhan guru dari berbagai SD di Kecamatan Taman berkumpul untuk belajar cara membuat video bahan ajar yang sesuai dengan tema yang ada. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan denga mencuci tangan.

Pengawas Sekolah SD Kota Madiun, Lismiati menjelaskan, Forum KKG (Kelompok Kerja Guru)
berfokus pada produksi materi pembelajaran sesuai dengan tugas guru masing-masing, yakni dari guru bidang studi dan guru kelas. KKG berbentuk materi bahan ajar dan latihan, juga berwujud tutorial video pembelajaran. Hasil tersebut kemudian diupload di website sekolah untuk mengganti pembelajaran siswa di rumah atau saat sudah belajar di sekolah.

“KKG ini jadi wadah untuk guru meningkatkan keterampilan sebagai menyiapkan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021. Guru diberi materi, kemudian mereka praktek langsung bagaimana membuat video pembelajaran sesuai standar dan hasilnya menarik dan bisa dipahami siswa,” jelasnya.

Tak hanya guru-guru di Kecamatan Taman, namun pembelajaran ini menyeluruh diikuti oleh 71 SD se-Kota Madiun. Sementara itu, Kepala Sekolah SD Mojorejo Dua Sri Mugi Lestari mengatakan di masa pandemi guru-guru melaksanakan pembelajaran jarak jauh, karena tidak semua paham IT, pembekalan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan para pendidik.

“Harapannya mutu pembelajaran di kelas maupun di luar kelas tetap baik, terutama di tengah pandemi,” pungkasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!