Deteksi Dini Penumpang Berpotensi Covid-19, Walikota Launching Stasiun Tangguh Semeru

Di Posting Oleh madiuntoday

8 Juli 2020

MADIUN – Pendeteksian Covid-19 harus sedini mungkin. Upaya itu tengah digalakkan Pemerintah Kota Madiun. Salah satunya, melalui stasiun tangguh semeru di Kota Madiun. Harapannya, penumpang yang bergejala Covid-19 segera terdeteksi sedini mungkin.

‘’Stasiun ini kan salah satu pintu gerbang keluar masuknya masyarakat. Kalau di pintu gerbang sudah terdeteksi, kemungkinan penularan lebih jauh bisa diminimalkan,’’ kata Walikota Madiun Maidi usai meresmikan Stasiun Tangguh Semeru Daop 7 Madiun, Rabu (8/7).

Tak sekedar pendeteksian, stasiun tangguh juga sudah memiliki aturan main penanganan jika hal itu terjadi. Karenanya, di stasiun sudah ditambahkan ruang isolasi, pos kesehatan, posko penanganan, dan lain sebagainya. Penumpang yang terdeteksi bersuhu tubuh tinggi bakal melewati serangkaian pos tersebut hingga mengemuka penanganan lebih lanjut.

‘’Stasiun tangguh adalah stasiun yang bisa melakukan penanganan awal Covid-19. Mulai cek suhu tubuh hingga rapid test. Jadi di stasiun sudah terdeteksi kondisi awal penumpang dan tahu harus bagaimana,’’ jelasnya.

Pihak stasiun nantinya juga langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait kondisi penumpang tersebut. Artinya, penumpang yang berpotensi Covid-19 tidak dilepas begitu saja dan malah membahayakan di daerah yang dituju maupun dalam perjalanannya. Walikota menambahkan konsep serupa bakal diterapkan di terminal.

‘’Kalau perjalannya jauh, petugas selalu memeriksa suhu penumpang di dalam kereta dalam beberapa jam sekali. Harapannya, pendeteksian sedini mungkin,’’ ungkapnya.

Stasiun tangguh melengkapi konsep kota tangguh di di Kota Madiun. Sebelumnya, walikota juga sudah me-launching kampung tangguh, motor tangguh, hingga padepokan tangguh. Pemerintah Kota Madiun juga memiliki konsep Pendekar Waras. Yakni, penegak disiplin protokol kesehatan dari berbagai unsur. Pendekar Waras ini sengaja melibatkan masyarakat sebagai penegak disiplin agar penanganan lebih mengena. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota...

Don`t copy text!