Pemkot Madiun Siapkan Protokol Kesehatan Bus Wisata Mabour

Di Posting Oleh madiuntoday

10 Juli 2020

MADIUN – Kedatangan transportasi wisata Madiun Bus On Tour atau Mabour telah menyita perhatian masyarakat. Namun, hingga kini Pemerintah Kota Madiun belum menetapkan perilisan bus wisata tersebut bagi masyarakat umum.

Meski begitu, protokol kesehatan untuk mengamankan armada dari potensi penularan Covid-19 telah dilakukan. Yakni, dengan penyemprotan di seluruh badan bus. Baik di bagian luar maupun dalam.

Cairan desinfektan diberikan untuk menangkal Virus Korona menempel di badan bus. Dengan demikian, diharapkan ketika warga menyentuh badan bus akan lebih aman.

Tak hanya itu, driver dan pramugari bus Mabour juga menjalani rapid test pertama pada Kamis (9/7). Kegiatan tersebut dilakukan di Puskesmas Manguharjo. Dari hasil rapid test pertama itu menunjukkan bahwa seluruh awak bus dalam keadaan sehat dan bebas dari Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Ansor Rasidi menuturkan, protokol kesehatan dalam penggunaan bus Mabour telah disiapkan oleh dinasnya. Salah satunya, dengan mengurangi kapasitas penumpang di dalam bus.

‘’Rencananya, medium bus yang berkapasitas 30 orang akan diisi 15 orang saja maksimal. Sedangkan, microbus berkapasitas 18 orang diisi 8-9 orang saja,’’ paparnya.

Tak hanya itu, para penumpang nantinya wajib mengolesi tangan dengan cairan hand sanitizer. Serta, mengikuti pengecekan suhu tubuh. ‘’Kalau sudah dipastikan aman, baru boleh naik. Saat di dalam bus juga wajib jaga jarak,’’ imbuhnya.

Meski begitu, Walikota Madiun Maidi masih akan mengkaji lebih lanjut terkait perilisan bus bagi masyarakat umum. Terutama, mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid-19 di Kota Madiun. Jika angka penularan semakin kecil, maka perilisan bus akan semakin cepat. (farid/radit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota...

Don`t copy text!