Tampil Percaya Diri Mendongeng di Hadapan Pak Wali, Tesa Didapuk Jadi Duta Kecil Pendekar Waras

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Juli 2020

MADIUN- “Ojo ndableg-ndableg nek dikandani pendekar waras!”. Imbauan tegas yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia itu bermakna jangan bandel kalau diingatkan pendekar waras itu keluar dari mulut mungil seorang Tesalonika Bala.

Di hadapan Walikota Madiun Maidi, gadis 9 tahun itu dengan penuh percaya diri bercerita tentang kisahnya sebagai siswa yang rindu sekolah dan peran watak sebagai pendekar waras yang bertugas sebagai penegak protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Satu persatu kalimat dalam dongeng diceritakannya tanpa jeda. Kepercayaan dirinya saat bercerita membuat decak kagum seluruh peserta upacara masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2020-2021 yang digelar di Taman PDAM Ngrowo, Senin (13/7).

Tak heran jika aksi mendongengnya itu dapat pujian dari Walikota Maidi. Walikota mengatakan, peran watak seperti itu jika disempurnakan akan menjadi suatu hal yang baik. Orang nomor satu di Kota Madiun itu mengatakan, akan menjadikan Tesa sebagai duta kecil pendekar waras.

“Duta Kecil Pendekar Waras akan memberikan sosialisasi ke teman-temannya. Apalagi di masa pengenalan lingkungan sekolah seperti ini,” ungkap walikota.

Anak-anak, lanjutnya, akan memberikan sosialisasi kepada teman-teman sebayanya tentang bagaimana menerapkan protokol kesehatan yang benar. Jadi seluruh elemen di sekolah memiliki peran dalam hal saling mengingatkan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Sementara itu, Tesa, sapaan akrab siswi yang baru saja naik ke kelas 4 SDN Mojorejo 2 itu mengaku tak perlu waktu lama untuk latihan mendongeng. Karena sejak kelas 2 SD dirinya sudah terbiasa dilatih oleh guru-guru untuk mendongeng di hadapan orang-orang. Disamping itu, dirinya juga berpesan agar teman-teman seusianya juga bisa mematuhi aturan kesehatan yang berlaku untuk mencegah penularan virus korona.

“Pesannya kalau tidak penting tidak usah keluar rumah. Kalaupun keluar, pakai masker. Masuk dan keluar rumah harus cuci tangan. Kalau ada yang bilang tidak boleh main ya harus dipatuhi,” pungkasnya.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota...

Don`t copy text!