Walikota Imbau OPD Siapkan Skema Baru Penanganan Dampak Covid-19

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Juli 2020

MADIUN – Penanganan Covid-19 rupanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan perkiraan awal. Untuk itu, Pemkot Madiun pun berupaya mempersiapkan skema-skema baru penanganan dampak Virus Korona tersebut. Terutama, bantuan sosial bagi masyarakat terdampak.

‘’Awal Covid-19, kami sudah mempersiapkan bantuan bagi warga terdampak hingga tiga bulan ke depan. Nah, ini 3 bulannya sudah akan berakhir. Maka perlu disiapkan skema baru,’’ tuturnya saat menggelar rapat dinas di GCIO, Senin (13/7).

Karenanya, Walikota mengimbau kepada Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto dan OPD terkait untuk segera berkonsultasi dengan Pemprov Jatim dan pemerintah pusat. Selanjutnya, mempersiapkan anggaran yang diperlukan untuk penanganan dampak Covid-19 di Kota Madiun.

Meski saat ini sebagian sektor telah dibuka, namun dampak pandemi Virus Korona masih dirasakan oleh masyarakat. Sehingga, kehadiran pemerintah daerah masih diperlukan untuk mempertahankan kesejahteraan masyarakat.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun tahun 2020, pada April lalu Kota Madiun sempat mengalami deflasi. Hal ini dikarenakan komoditas yang biasanya dibutuhkan masyarakat tersedia cukup banyak di pasaran. Namun, peminatnya berkurang. Salah satunya, dikarenakan daya beli masyarakat turun akibat pandemi Covid-19.

Namun, memasuki Mei dan Juni 2020, kondisi perekonomian Kota Madiun mengalami inflasi. Meski begitu, masih dalam angka yang normal. ‘’Kondisi-kondisi ini harus kita pertahankan. Maka dari itu, saya meminta pihak-pihak terkait untuk segera mendata kebutuhan masyarakat dan daerah-daerah penghasilnya. Sehingga, penanganan dampak Covid-19 ini lebih mudah kita tangani,’’ paparnya.

Lebih lanjut, walikota berharap, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Dengan demikian, jumlah penularan akan semakin kecil. Serta, pandemi ini segera berakhir. (Luki/irs/diskominfo)

Artikel Terkait

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota...

Don`t copy text!