Pastikan Bus Wisata Optimal, Walikota Jajal Langsung dari Balik Kemudi

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Juli 2020

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun resmi merilis Madiun Bus on Tour (Mabour), Selasa (14/7). Bahkan, Walikota Madiun Maidi mencobanya secara langsung usai seremonial peresmian. Bukan sebagai penumpang. Tetapi sebagai pengemudinya. Ya, Walikota Madiun yang satu ini memang serba bisa.

Ditemani Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun, walikota membawa belasan penumpang dalam Mabour itu. Penumpangnya juga bukan sembarangan. Tetapi sejumlah pejabat Forpimda Kota Madiun. Bus yang dikemudikan walikota tersebut melaju mulus di jalanan Kota Madiun. Begitu juga dengan dua bus wisata lainnya.

Kota Madiun memang memiliki tiga armada bus wisata. Rinciannya, dua bus ukuran medium dan satu mirkobus. Ketiganya dioperasikan usai seremonial. Walikota menyebut bus cukup nyaman dan aman tentunya.

‘’Bus wisata tidak hanya harus nyaman. Tetapi karena sedang pandemi seperti ini juga harus aman,’’ kata walikota.

Karenanya, walikota belum berencana membuka layanan bus wisata tersebut. Launching baru sebatas pengenalan kepada masyarakat. Launching, lanjut walikota, tetap dilakukan karena sudah terjadwal dalam kalender agenda pembangunan Kota Madiun 2020. Pelayanan bus wisata masih melihat perkembangan situasi di Kota Madiun terkait pandemi Covid-19.

Namun biarpun begitu, pola protokol kesehatan tetap disiapkan. Mulai pengurangan kapasitas penumpang hingga 50 persen, penyiapan masker, dan hand sanitizer. Petugas juga dibekali dengan protokol kesehatan. Setidaknya terdapat tiga petugas dalam satu bus. Yakni, sopir, pengawas, dan pramugari. Layanan bus wisata rencananya dibuka setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 16.00 dengan start di Jalan Pahlawan depan Balai Kota.

‘’Bus ini harus nyaman tidak hanya bagi penumpang. Tetapi juga nyaman bagi pengemudinya. Kebetulan saya juga bisa mengemudikan. Sejauh ini bus ini cukup nyaman,’’ jelas walikota.

Walikota tak ubahnya seperti sopir pada umumnya. Apalagi, mantan Sekda Kota Madiun ini juga memiliki SIM B2. Tak heran, dirinya cukup lihai mengemudikan bus ukuran medium tersebut. Walikota sengaja mengemudikan langsung untuk menjajal bus wisata yang akan digunakan melayani masyarakat tersebut.

‘’Sejauh ini sudah baik, kalau ada kekurangan akan segera kita penuhi sebelum layanan kita buka,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!