Ungkap Pencurian Kabel Telkom, Polisi Amankan Dua Tersangka Satu Tersangka Masih Di Bawah Umur

Di Posting Oleh madiuntoday

15 Juli 2020

MADIUN – Kabel berserat tembaga memang bernilai jual tinggi. Tak heran, menarik si tangan panjang untuk beraksi. Seperti yang terjadi di daerah Jiwan, Kabupaten Madiun ini. AT dan AS terpaksa berurusan dengan petugas setelah mencuri kabel milik Telkom tersebut. Kecamatan Jiwan memang masuk wilayah hukum Polres Madiun Kota. Batang hidung kedua tersangka ditunjukkan pihak berwajib saat press release di Polres Madiun Kota, Rabu (15/7). Satu di antara kedua tersangka tercatat masih anak-anak.

‘’AS ini masih 17 tahun dan tergolong anak-anak. Sedang, yang AT sudah dewasa,’’ kata Kapolres Madiun Kota AKBP R Bobby Aria saat press release.

Pencurian tersebut terjadi pada 21 Juni lalu. Keduanya beraksi saat malam hari dengan cara memotong kabel incaran tersebut dengan gergaji. Keduanya berhasil mengambil 130 meter dari sekali beraksi tersebut. Jika dijual, harganya mencapai Rp 15 juta. Namun, Kapolres menyebut barang curian itu belum sempat dijual.

‘’Modus operandinya, mereka berdua ini mendatangi lokasi dengan kendaraan roda dua kemudian langsung memotong dengan gergaji dan dibawa pergi,’’ ungkapnya.

Kedua tersangka merupakan rekan. Kendati masih tergolong anak-anak, tersangka AS diketahui sudah tidak bersekolah. Terkait penanganan selanjutkan bakal dilakukan diversi. Yakni, pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana. Namun, untuk tersangka dewasa tetap dilakukan proses peradilan seperti biasa.

‘’Hasil pemeriksaan sementara, ini merupakan inisiatif sendiri. Hasil pencurian itu rencananya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,’’ terangnya.

Dari periode Juni hingga Juli ini, Sat Reskrim Polres Madiun Kota berhasil mengungkap 11 laporan dan mengamankan 12 tersangka. Rinciannya, 11 tersangka dewasa dan satu anak-anak. Namun jika ditotal dari Januari lalu, Sat Reskrim sudah menerima 106 laporan dengan 74 laporan berhasil diungkap. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota...

Don`t copy text!