Idul Kurban Sebentar Lagi, Begini Himbauan Walikota Terkait Pelaksanaan Ibadah Idul Adha Saat Pandemi

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Juli 2020

 

MADIUN – Kurang dari sepuluh hari lagi, umat muslim memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 hijriyah. Sama seperti Idul Fitri lalu, peringatan hari raya kurban juga dalam masa pandemi Covid-19. Karena, pelaksanaan serangkaian ibadah di dalamnya tak lepas dari protokol kesehatan.

‘’Salat Ied (Idul Adha) boleh. Tetapi tetap dengan protokol kesehatan,’’ kata Walikota Madiun Maidi, Rabu (22/7).

Artinya, takmir masjid diperbolehkan melaksanakan Salat Ied. Hanya, takmir wajib bertanggung jawab atas penerapan protokol kesehatan jamaahnya. Saf salat wajib berjarak seperti yang sudah berjalan saat ini. Panitia hendaknya juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah. Selain itu, jamaah harus dari warga lingkungan sekitar. Artinya, jamaah yang melaksanakan salat pada waktu itu terdata dan dapat dikenali. Hal itu penting karena biasanya ada warga pendatang yang turut melaksanakan salat.

‘’Prinsipnya seperti pelaksanaan Salat Idul Fitri kemarin. Juga dipersilahkan melaksanakan salat dengan keluarga masing-masing di rumah dan tidak ada giat takbir keliling,’’ ungkapnya sembari menyebut pelaksanaan takbir di masjid dan musala dengan menerapkan jaga jarak.

Walikota juga menekankan protokol kesehatan pada saat penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya. Petugas pemotong daging harus berjarak. Sebelumnya, juga harus dipastikan sehat dengan pemeriksaan suhu tubuh. Sedang pembagiannya, walikota menghimbau panitia memiliki pola tersendiri untuk menghindari kerumunan. Mulai dengan layanan antar ke rumah penerima atau penjadwalan pembagian.

‘’Panitia bertanggung jawab dalam penerapan protokol kesehatannya. Kalau harus datang, pengaturan antriannya seperti apa agar tidak berkerumun dan lain sebagainya harus dipikirkan. Apakah dijadwal perjam atau dibagikan petugas ke rumah penerima,’’ jelasnya.

Walikota menyebut bakal ada petugas yang berkeliling memantau pelaksanaan penyembelihan dan pembagian daging kurban tersebut. Tak terkeculai Pendekar Waras, Babinsa, dan Babinkamtibmas. Walikota berharap masyarakat tertib dan berdisiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

‘’Semua yang melaksanakan tidak lepas dari protokol kesehatan. Masyarakat harus terbiasa dengan adabtasi kenormalan baru seperti saat ini,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!