Tambah Dua Kasus Baru, Konfirmasi Nomor 23 dan 24 Kontak Erat Kasus Sebelumnya

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Juli 2020

MADIUN – Kasus konfirmasi Covid-19 berawal dari kontak erat kasus sebelumnya kembali terjadi di Kota Madiun. Dua konfirmasi baru ini merupakan kontak erat kasus nomor 19 dan 22. Tambahan dua konfirmasi tersebut menjadikan total kasus di Kota Madiun menjadi 24 kasus dengan 13 di antaranya sudah sembuh.

‘’Hari ini ada tambahan dua konfirmasi lagi. Keduanya merupakan kontak erat kasus sebelumnya,’’ kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah, Rabu (22/7).

Kasus konfirmasi nomor 23 berinisial AAZ (41) berjenis kelamin perempuan warga Kelurahan Nambangan Kidul. Nomor 23 ini merupakan kontak erat kasus nomor 19 yang juga warga Kelurahan Nambangan Kidul. Seperti diberitakan, kasus nomor 19 terkonfirmasi positif pada 9 Juli lalu. Nomor 19 itu sudah sakit sejak 30 Juni. Pun, sempat masuk IGD RSUD Soedono pada 7 Juli kemarin dan langsung dilakukan perawatan di ruang isolasi. Kasus nomor 19 memiliki dua kontak erat dengan orang rumah. Salah satunya, AAZ yang kini menyusul konfirmasi Covid-19.

‘’Setiap konfirmasi, petugas langsung melakukan tracing untuk mengetahui kontak erat. Kontak erat ini juga langsung dilakukan swab. Hasilnya, baru keluar hari ini,’’ jelasnya.

Sementara itu, kasus konfirmasi nomor 24 berinisial DLS (18) berjenis kelamin laki-laki warga Kelurahan Winongo. DLS merupakan kontak erat kasus nomor 22 yang merupakan warga Kelurahan Demangan. Kasus nomor 22 tersebut terkonfirmasi Covid-19 pada 13 Juli lalu. Hasil penelusuran, nomor 22 tersebut pernah dikunjungi kerabatnya dari Surabaya dan menginap tiga hari dua malam. Kondisi nomor 22 memang sudah sakit sebelum dikunjungi tersebut. Artinya, sistem imun yang bersangkutan dalam kondisi melemah.

‘’Pelacakan dilakukan dan ditemukan kontak erat. Kontak erat ini langsung dilakukan pemeriksaan. Salah satunya, terkonfirmasi Covid-19 hari ini,’’ imbuhnya.

Dua kasus baru ini dalam pengawasan ketat petugas. Masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, sejak berstatus kontak erat, keduanya sudah melaksanakan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab keluar. Itu dilakukan untuk meminimalkan kontak erat lain agar tidak terjadi penularan baru.

‘’Tetapi masyarakat juga harus waspada dengan tertib dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,’’ pungkasnya. (vincent /agi/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 22 Oktober 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Don`t copy text!