Agar Bersepeda Tidak Membahayakan Diri, Hindari Hal-Hal Berikut Ini…

Di Posting Oleh madiuntoday

27 Juli 2020

MADIUN – Kasus orang meninggal dunia setelah melakukan olahraga sepeda cukup banyak terjadi di Indonesia. Bahkan, di wilayah Madiun juga ditemukan kasus serupa. Setidaknya, ada tiga kejadian meninggal mendadak yang dilaporkan karena berolahraga sepeda.

Kasus meninggal mendadak ini rupanya menjadi yang kesekian kali di Madiun. Beberapa hal dikaitkan dengan kasus kematian mendadak. Di antaranya, penggunaan masker saat berolahraga dan penyakit jantung.

Namun, secara umum ada hal-hal yang dapat diperhatikan masyarakat, khususnya saat melakukan olahraga seperti bersepeda, agar tidak menimbulkan resiko fatal. Yakni, mengukur kemampuan diri.

Ada ciri-ciri dari tubuh yang sudah mencapai batas maksimal kekuatan dari berolahraga. Antara lain, tubuh terasa lebih panas dari biasanya. Hal ini dikarenakan jantung bekerja lebih cepat. Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan menyebabkan gangguan lain. Yakni, kesulitan mengatur nafas.

Jika tidak segera mengurangi intensitas olahraga, maka seseorang akan mengalami kondisi mata berkunang-kunang. Pada kondisi ini, orang yang berolahraga wajib untuk berhenti. Sebab, mata berkunang-kunang sudah menunjukkan bahwa tubuh sudah tidak kuat lagi untuk melakukan aktivitas. Jika tidak berhenti, maka bisa menyebabkan pingsan. Bahkan, jantung berhenti.

Maka dari itu, antisipasi perlu dilakukan agar kegiatan olahraga tidak menimbulkan resiko besar. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 ini diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya, tidak melakukan olahraga secara bergerombol. Selain meningkatkan resiko penularan Covid-19, olahraga secara bergerombol menyulitkan seseorang mengukur kemampuan diri. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 8 Agustus 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota...

Don`t copy text!