Mulai Pengukuran, Pembangunan Pedestrian Jalan Pahlawan Tahap III Dimulai Minggu Depan

Di Posting Oleh madiuntoday

30 Juli 2020

MADIUN – Pembangunan pedestrian Jalan Pahlawan sisi selatan sudah sampai simpang empat Tugu. Pembangunan pedestrian di sisi selatan itu bisa dibilang sudah selesai. Nah, pembangunan tentu tidak berhenti sampai di situ. Walikota Madiun Maidi langsung melanjutkan pembangunan pedestrian di jalan jantung kota itu untuk sisi utara. Pembangunannya direncanakan hingga markas Polres Madiun Kota.

‘’Karena yang selatan sudah mau selesai, kita segera melanjutkan untuk yang ke utara. Hari ini kita ukur dan saya pimpin langsung,’’ kata walikota, Kamis (30/7).

Walikota sengaja turun langsung dalam pengukuran tersebut. Sama dengan pedestrian sebelumnya, totoar sisi timur Jalan Pahlawan itu akan diperlebar menjadi sekitar lima meter. Pembangunan tahap ketiga ini bakal dimulai dari patung pecel atau depan kantor Bakorwil hingga markas Polres Madiun Kota. Jaraknya sekitar 500 meter. Pembangunan tersebut direncanakan bakal mulai minggu depan.

‘’Seperti rencana awal, pembangunan pedestrian ini akan menghubungkan titik-titik potensi di Kota Madiun. Salah satunya, stasiun. Orang bisa langsung jalan kaki dari stasiun untuk menikmati Jalan Pahlawan,’’ jelasnya.

Jalan Pahlawan memang bakal diubah jadi destinasi wisata. Pun, bakal dikategorikan. Walikota menyebutnya dengan klaster. Setidaknya terdapat enam klaster sepanjang Jalan Pahlawan itu. Mulai kuliner unggulan Kota Madiun, produk seni, edukasi, hingga klaster bunga. Nah, untuk pedestrian sisi utara ini setidaknya bakal menjadi tempat untuk klaster bonsai dan kuliner luar kota.

‘’Depan Bakorwil nanti jadi klaster bonsai. Utaranya lagi, kita siapkan untuk klaster kuliner luar Kota Madiun. Seperti, sate madura, masakan padang, soto lamongan, dan lainnya,’’ jelas mantan Sekda Kota Madiun itu.

Seperti diberitakan, Balai Kota menjadi titik tengahnya Pahlawan Street Centre. Di sana tempatnya klaster bunga. Tak heran, banyak ditambahkan tanaman bunga. Taman Sumber Umis sebagai klaster kuliner unggulan. Mulai produk olahan susu hingga pecel. Namun, khusus pecel berada di selatan Plaza Lawu Madiun. Taman Sumber Umis juga terdapat klaster seni. Sedang, klaster edukasi berada di depan Rumah Dinas Walikota. Terutama edukasi pertanian. Tak heran, di sana sudah ditambahkan berbagai pohon berbuah. Selain itu, juga ada sangkar burung yang juga bisa dijadikan untuk pembelajaran satwa.

‘’Jalan Pahlawan ini cukup panjang. Saya ingin bisa dinikmati masyarakat dari ujung utara sampai selatan. Jadi biar tidak hanya di titik tengah,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!