Tangkal Hoax di Keluarga? Begini Caranya

Di Posting Oleh madiuntoday

4 Agustus 2020

MADIUN- Disinformasi maupun hoax di tengah pandemi, menjadi satu hal yang harus bersama-sama dilawan selain virus korona itu sendiri. Apalagi jika informasi yang beredar berisi informasi yang salah tentang pandemi saat ini.

Beragam berita Disinfodemic atau nama lain dari salah informasi tentang pandemi, tersebar di berbagai macam media. Seperti dikutip dari laman lawancovid19_id, salah satu media penyebaran hoaks yang cukup masif berasal dari grup messenger keluarga. Penyebarnya kadang sesepuh keluarga dan menjadi sebuah dilema tersendiri jika akan menegurnya.

Lalu, bagaimana cara agar meluruskan informasi yang benar terutama mengenai informasi pandemi agar tidak terjadi miss informasi di keluarga kita sendiri?Dikutip dari laman resmi lawancovid19_id. Ada empat kiat menghadapi anggota keluarga yang menyebar hoax dengan cara yang sopan dan tidak menyinggung satu dan lainnya.

Pertama, dekati dan beritahu secara personal terlebih dahulu. Mereka akan lebih menerima, daripada ditegur  langsung di muka umum. Kedua, hindari langsung mengatakan mereka menyebarkan informasi salah. Ajaklah untuk bersama cari informasi pembanding yang kredibel.

Ketiga, tunjukkan dan kenalkan kepada mereka rujukan informasi kaya data. Misalnya dengan membuka website resmi milik pemerintah, seperti covid18.go.id atau WHO. Lalu ajak mengikuti media sosial bersangkutan untuk update informasi benar terkini.

Empat, perlahan beritahu pula bahwa tokoh terkenal apapun profesi dan gelarnya bukan jaminan memberkan kebenaran informasi 100 persen. Jangan malas untuk melakukan cek dan ricek seputar informasi yang kalian cari.
(vincent/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!