Dorong Produktivitas, Gubernur Khofifah Ajak Pelaku UMKM Ajukan Kredit ke Bank Jatim

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Agustus 2020

MOJOKERTO – Modal menjadi salah satu kendala bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Pelaku UMKM pun terdampak cukup berat.

Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berupaya membantu pelaku UMKM agar tetap bisa menjalankan roda perekonomiannya. Yakni, dengan mendorong pelaku usaha tersebut untuk mengajukan kredit atau pinjaman dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

‘’Saat ini Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur maupun Bank UMKM Jawa Timur memiliki dana yang cukup dan siap untuk disalurkan bagi para pelaku usaha utamanya pelaku UMKM,’’ tuturnya saat meninjau Gapoktan Petani di Mojokerto, Selasa (4/8).

Bank Jatim dan Bank UMKM Jatim juga menyediakan kredit dengan bunga rendah. Khususnya, bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Selain itu, syarat pengajuannya juga cukup mudah.

Tak hanya itu, gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga meminta secara khusus kepada Bank Jatim maupun Bank UMKM Jatim untuk memfasilitasi siapa saja yang membutuhkan dana permodalan agar dibantu dalam pengajuannya.

Tentunya dari pihak bank akan melakukan seleksi dan juga peninjauan tentang kelayakan. Namun meski begitu ditegaskan Gubernur Khofifah bahwa saat ini kondisi bank plat merah milik Pemprov Jatim sedang gencar melakukan penyaluran pinjaman guna mendorong pertumbuhan ekonomi dari kalangan UMKM.

“Dana pihak ketiga di BPD Jatim sekarang ada Rp 66 triliun. Sedangkan, yang tercairkan baru Rp 39 trilliun. Belum lagi sekarang ini Kemenkeu akan menambahkan dana stimulus Rp 2 trilliun. Saya sampaikan bahwa kalau bank terlalui likuid itu tidak bagus. Maka harus segera dicairkan,” paparnya.

Gubernur pun berharap, pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini. Serta, dapat mengembangkan usahanya agar semakin berkembang dan mampu bertahan di tengah situasi dan kondisi Covid-19 seperti saat ini. (Humas Jatim/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!