Sosialisasikan Peringatan HUT Kemerdekaan, Pemkot Gelar Forum Kehumasan

Di Posting Oleh madiuntoday

11 Agustus 2020

MADIUN – Ada yang berbeda dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan kali ini. Tidak ada upacara Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Kota Madiun. Upacara sakral itu hanya berlangsung di istana negara. Sedang, walikota dan Forpimda mengikuti secara virtual dari Kota Madiun. Rencananya, walikota mengikuti dari GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun 17 Agustus nanti.

‘’Upacara peringatan tetap ada tapi di instansi masing-masing paginya. Pas detik-detik itu kita mengikuti yang di istana secara virtual,’’ kata Walikota Madiun Maidi saat Forum Kehumasan dan Jumpa Pers dalam rangka sosialisasi peringatan HUT ke-75 RI di GCIO Kota Madiun, Selasa (11/8).

Upacara peringatan dimulai pukul 07.00. Pun, digelar sederhana dengan peserta terbatas. Pemkot Madiun berencana menggelar upacara di halaman depan Balai Kota Madiun. Walikota Madiun berharap masyarakat juga mengikuti gelaran upacara dari rumah masing-masing. Pun, terdapat anjuran untuk berhenti beraktivitas sejenak tepat pukul sepuluh lebih tujuh menit pada 17 Agustus nanti. Masyarakat diharap berdiri tegak selama tiga menit sembari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan pembacaan teks proklamasi.

‘’Sambutan kenegaraan tidak kita bacakan. Tetapi kita dengarkan bersama-sama dari upacara di istana negara,’’ ungkapnya.

Selain itu, tidak ada kegiatan malam resepsi kenegaraan. Namun, untuk Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) tetap dilakukan. Tidak ada angkatan pasukan pengibar bendera (Paskibra) tahun ini. Petugas paskib menggunakan personil tahun lalu. Pun, hanya enam petugas yang dilibatkan dalam upacara peringatan di Balai Kota tersebut.

‘’Bagaimanapun bentuknya, peringatan HUT Kemerdekaan merupakan agenda sakral. Tetap dilakukan secara khidmat biarpun berlangsung sederhana,’’ ungkapnya sembari menyebut hal itu sesuai instruksi pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Sekretaris Negara.

Dalam Forum Kehumasan tersebut juga mengemuka rencana kegiatan HUT ke-59 Pramuka. Peringatan bakal diwarnai kegiatan sosial. Di antaranya, Jumat Bersih, bagi 1.000 masker, rehab rumah, pembagian 100 tempat sampah dan satu gerobak sampah, pembagian 150 bahan pangan, dan pembagian sepuluh tanaman. Selain itu, kegiatan seremonial ulang janji Pramuka dan gowes bersama juga mengemuka. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!