Optimalisasi Bisnis Produk Mamin di Tengah Pandemi, Dekranasda Gelar Vicon Bahas Strategi

Di Posting Oleh madiuntoday

12 Agustus 2020

MADIUN- Beragam upaya dilakukan oleh seluruh pihak guna menggerakkan kembali perekonomian yang lesu akibat pandemi. Salah satunya melalui optimalisasi bisnis produk makanan dan minuman produksi UMKM dan IKM yang ada di setiap daerah.

Maka dari itu, sebagai organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur menggelar webinar bertema Optimalisasi Strategi Bisnis Produk Makanan dan Minuman Jawa Timur Dalam Masa Pandemik Covid-19 yang digelar pada Rabu (12/8).

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Jawa Timur  Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan bahwa kunci agar UMKM dan IKM khususnya di bidang makanan dan minuman agar bisa bertahan adalah dengan beradaptasi. Adaptasi yang dilakukan harus seiring dengan kondisi yang ada di sekitar wilayahnya.

“Siapapun yang bisa bertahan dia mampu bertahan karena beradaptasi. Kemampuan beradaptasi harus dioptimalkan agar UMKM dan IKM tetap hidup. Adaptasi yang dilakukan bisa dengan cara menggali potensi yang ada di sekitar,” ungkapnya dalam sambutan.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi yang mengikuti webinar yang digelar di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun mengatakan bahwa, UMKM dan IKM yang telah ada saat ini harus diberikan stimulus-stimulus agar tidak lesu dalam produksi maupun pemasaran.

“Dekranasda Kota Madiun, bekerjasama dengan Pemkot Madiun melalui dinas terkait sudah berupaya untuk memberikan stimulus. Salah satunya memberikan fasilitasi UMKM untuk mempromosikan produk di Mall,” jelasnya.

Melalui pola-pola stimulus seperti di atas, pihaknya berharap hal itu mampu menggenjot produktifitas dan kualitas UMKM dan IKM yang ada di Kota Madiun. Melalui webinar yang dilakukan juga, Yuni berharap materi yang disampaikan para expert mampu menambah ilmu yang dimiliki para pelaku UMKM dan IKM sehingga bisa survive di segala kondisi.
(nanda/kus/diskominfo)

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!