Turut Berjuang Raih Kemerdekaan, Veteran Beri Pesan Bagi Milenial

Di Posting Oleh madiuntoday

12 Agustus 2020

MADIUN – Indonesia dapat terbentuk menjadi negara kesatuan yang utuh bukan karena hadiah. Tapi, perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para pahlawan. Keringat dan darah mereka tumpahkan demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Buah dari perjuangan itupun dapat dirasakan oleh rakyat Nusantara hingga saat ini. Namun, tak semua pejuang dapat merasakan hasil dari pengorbanan yang mereka curahkan. Banyak di antaranya yang telah gugur di medan perang.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, menghargai jasa-jasa pahlawan perjuangan adalah keharusan. Namun, yang terpenting adalah upaya untuk mengisi kemerdekaan tersebut. ‘’Tetap gelorakan semangat juang ’45,’’ pesan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota/Kabupaten Madiun Gatot Sumarno, Rabu (12/8).

Gatot menuturkan, generasi saat ini hidup di zaman yang nyaman. Apalagi, kecanggihan teknologi di era sekarang sangat memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas. Sehingga, tak ada alasan untuk tidak dapat menjadi bangsa yang maju.

Hal ini tentu sangat berbanding terbalik dengan kondisi di era penjajahan. Jangankan akses mendapatkan layanan, untuk makan saja rakyat Indonesia kesulitan. Maka dari itu, beragam kemajuan pada zaman sekarang ini patut disyukuri oleh generasi muda.

Hal serupa juga dituturkan oleh pengurus LVRI lainnya, Djoewadi. Meski menjadi tentara, bukan berarti dia mudah memenuhi kebutuhan. Bahkan, untuk makan saja harus menunggu dorongan logistik (dorlok) tiba. ‘’Kalau kondisi tidak memungkinkan, dorlok terlambat. Karena itu, harus kuat fisik dan mental,’’ ungkapnya.

Meski begitu, Djoewadi mengaku ikut berbangga dengan kemajuan zaman saat ini. Khususnya, kemajuan prajurit TNI yang meneruskan semangat mempertahankan keutuhan dan ketahanan NKRI. ‘’TNI tidak makin merosot. Tapi makin maju,’’ ujarnya bangga.

Sementara itu PH. Tomo, pengurus LVRI Kota/Kabupaten Madiun, berharap agar generasi muda saat ini mampu menjalankan tongkat estafet kemerdekaan NKRI. Diapun merasa beruntung masih bisa menikmati kemajuan zaman sekarang. ‘’Kami berharap, kemerdekaan ini terus dapat dirawat oleh generasi muda. Serta, menjadikan Indonesia, khususnya Kota Madiun, lebih maju dan rakyatnya sejahtera,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!