Mengenal Burung Puter Pelung, Si Pemilik Suara Merdu yang Jadi Primadona

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Agustus 2020

MADIUN- Sebagai salah satu burung yang termasuk dalam jenis burung klangenan atau kesukaan, kian hari penggemar burung puter pelung semakin banyak peminatnya. Tak terkecuali di Kota Madiun. Dalam kurun waktu satu bulan, sedikitnya dua hingga tiga kontes burung puter digelar di kota ini.

Tiap digelar kontes, terdapat puluhan burung puter saling beradu suara merdu, demi menjadi juara satu. Tak heran burung yang memiliki nama ilmiah Streptopelia Risoria ini jadi primadona, karena burung tersebut mudah dipelihara dan ditangkarkan karena sifatnya yang jinak, mudah beradaptasi dan pandai dalam membesarkan anakannya.

“Tiga tahun kebelakang semakin luar biasa perkembangan para pecinta puter pelung. Peternak makin banyak, industri sangkar juga banyak,” ungkap Ketua Pemersatu Pecinta dan Pelestari Puter Pelung Seluruh Indonesia (P5SI) Kota Madiun Budi Amir.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, iklim perkembangan puter pelung yang kian baik ini, termasuk semakin berkembangnya industri sangkar membuat para pecinta burung yang memiliki ciri khas garis hitam yang melingkar di leher itu, tak tergantung dengan kota lainnya.

“Biasanya untuk cari sangkar saja kita selalu beli di luar kota. Tapi karena industri kreatif pembuat sangkar semakin berkembang, kita bisa semakin meningkatkan kualitas burung puter pelung biar jadi jawara,” jelasnya.

Disamping semakin banyaknya peternak burung puter pelung, untuk menemukannya bukanlah hal yang sulit dan harganya pun cukup terjangkau. Dengan harga variatif yang tergantung kualitas suaranya, dihargai mulai dari Rp 30.000,- hingga puluhan juta rupiah.
Semakin si burung memiliki suara yang halus, lembut, berirama, dan mengalun panjang, maka akan membuat puter semakin banyak dinikmati.

“Kami berharap semakin banyak kontes-kontes burung puter pelung, selain memperkenalkan eksistensi burung puter pelung juga sebagai wadah para pecinta burung ini untuk melatih hewan peliharaannya agar semakin berkualitas,” pungkasnya.
(nanda/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!