Tak Sekadar Hobi, Pelihara Ikan Hias Cupang Juga Banyak Manfaatnya Lho

Di Posting Oleh madiuntoday

27 Agustus 2020

MADIUN- Ternyata, selain hidroponik dan aglonema, memelihara ikan hias juga menjadi salah satu hobi ringan yang banyak diminati oleh masyarakat selama  pandemi virus korona. Salah satunya seperti hobi memelihara ikan hias seperti ikan cupang.

Disamping harga yang relatif murah, ikan cupang juga memiliki warna-warni dan corak yang menarik. Ternyata ikan cupang juga memiliki bergaam manfaat bagi penghobi yang menyukai mengumpulkan ikan cupang. Tak heran jika ikan hias satu ini banyak peminatnya.

“Cukup merasakan kenaikannya. Terutama selama pandemi Covid-19 ini. Selain meningkatnya pembeli, para breeder juga banyak merasakan manfaat selama merawat ikan cupang,” jelas salah satu penghobi yang sekaligus juga penjual ikan cupang Bima Gilang Permadi.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, meningkatnya peminat ikan cupang ini juga berpengaruh terhadap kenaikan harga ikan yang memiliki postur tubuh mini ini. Menurutnya, tak ada ruginya dalam memelihara ikan cupang, asalkan telaten dalam merawat dan memberi makan.

Bima mengatakan, beragam manfaat didapatkannya selama memelihara ikan cupang. Diantaranya yakni, ikan cupang berfungsi untuk membasmi jentik nyamuk. Ikan yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini masuk ke Indonesia pada awal 1920. Awalnya ikan ini digunakan untuk memakan jentik atau larva nyamuk malaria. Namun kini, ikan cupang juga menjadi ikan hias yang banyak dipelihara pehobi.

“Selain itu juga mengurangi stres. Kalau lihat ikan yang berenang di dalam air perasaannya jadi lebih rileks,” ungkapnya.

Hal itu didukung dengan sebuah penelitian di tahun 2015 yang dilakukan oleh para pakar National Marine Aquarium, Plymouth University bersama dengan University of Exeter, yang mengungkapkan bahwa memandangi ikan di dalam akuarium bisa mengurangi tekanan darah dan menstabilkan ritme jantung.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Environment & Behavior itu, menyebutkan bahwa semakin banyak ikan di dalam sebuah akuarium yang mampu menangkap perhatian seseorang, maka semakin baik meningkatkan suasana hati.

Selain itu juga mampu menghias ruangan. Adanya akuarium dengan segala pernak-pernik dan ikan hias warna-warni akan memperindah suasana rumah.
Ikan cupang sangat populer karena faktor keunikan dan keindahan sirip dan ekor yang besar seperti ikan yang sedang menggunakan gaun.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!