Kapan Waktu yang Tepat Untuk Anak Pakai Masker? Begini Penjelasan dari WHO

Di Posting Oleh madiuntoday

28 Agustus 2020

MADIUN- Ada yang masih bingung tentang penggunaan masker bagi anak-anak? Kali ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama dengan UNICEF mengeluarkan panduan terbaru yang berkaitan dengan penggunaan masker pada anak-anak untuk pencegahan Covid-19.

WHO menjelaskan, bagi anak berusia lima tahun
dan lebih muda tidak boleh menggunakan masker.
Panduan tersebut dikeluarkan dengan menimbang bahwa anak-anak yang masih sangat kecil dinilai memiliki kemungkinan yang kecil untuk menularkannya ke orang lain.

“Berdasarkan bukti yang tersedia, anak kecil memiliki kerentanan yang lebih rendah terhadap infeksi dibandingkan dengan orang dewasa. Data yang ada menunjukkan bahwa hal ini dapat bervariasi, menurut usia di antara anak-anak,” kata WHO dan UNICEF, dalam keterangan bersama, dikutip dari CNN.

Sementara itu, untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, WHO menyatakan penggunaan harus berdasarkan pendekatan berbasis risiko. Pendekatan itu mempertimbangkan intensitas penularan lokal, lingkungan sosial, budaya, kapasitas anak untuk mematuhi, pengawasan orang dewasa yang sesuai, dampak potensial masker pada pembelajaran dan perkembangan psikososial, serta pertimbangan tambahan seperti kecacatan atau penyakit yang mendasari.

Bagi anak usia usia 12 tahun ke atas, penggunaan masker sama seperti pada orang dewasa yang berarti wajib memakai masker. Sementara itu, untuk anak dengan kondisi kesehatan khusus seperti gangguan perkembangan, kecacatan, atau kondisi kesehatan khusus pada segala usia, pemakaian masker yang mengganggu, menjadi tidak wajib.

WHO menyatakan, pengasuh atau penyedia layanan medis dapat memberikan arahan sesuai dengan kasus anak. Sebagai pengganti masker wajah, anak juga dapat menggunakan pelindung wajah atau face shield. Kendati demikian, WHO mengatakan bahwa face shield tidak seefektif masker.

Selain penggunaan masker, WHO menekankan anak juga mesti mematuhi pencegahan yang lain seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan etika batuk.

“Penting untuk ditekankan bahwa penggunaan masker adalah salah satu alat dan bahwa anak-anak juga harus mematuhi jarak fisik, kebersihan tangan, dan etika batuk,” kata pedoman WHO tersebut.
(vincent/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!