Kecanduan Akses Berita Buruk? Begini Cara Mengatasinya

Di Posting Oleh madiuntoday

1 September 2020

MADIUN- Berapa jam dalam satu hari yang biasa kita habiskan untuk memeriksa feed di media sosial, baik Twitter, Facebook, hingga Instagram. Sementara, selama pandemi virus korona ini kemungkinan aktivitas itu justru bertambah.

Tanpa disadari, kita berpikir berselancar di media sosial jadi cara yang baik untuk menjernihkan dan menyegarkan pikiran dari pekerjaan. Tapi, apa yang muncul di feed media sosial kita, boleh jadi malah bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan mental dalam jangka panjang.

Ternyata, ada istilah yang tepat untuk mewakili kondisi tersebut. Yakni, yang biasa disebut dengan doom-scrolling yang memiliki pengertian kecenderungan untuk terus-menerus berselancar atau menelusuri berita buruk, meskipun itu berita mengecewakan ataupun menyedihkan.

Seperti dikutip dari cnnindonesia mengatakan bahwa, menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton dan membaca berita, dibandingkan dengan memperhatikan diri sendiri justru akan membuat kita sulit untuk mengambil tindakan yang nyata dan tegas.

Sementara itu, banyak orang beralih ke berita bukan untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang terjadi di luar sana, melainkan karena informasi yang diberikan tidak selalu jelas dan menyeluruh atau kadang justru tanpa jawaban. Akhirnya sebagian pembaca merasa takut, frustrasi, tak berdaya atau marah.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari doom-scrolling?

Beragam informasi tersaji setiap harinya, mulai dari berita tentang diskriminasi rasial atau kasus kekerasan seksual dan segala ketidakpastian wabah, membuat kondisi kian sulit untuk memilih antara tetap mendapat informasi atau justru doom-scrolling.

Salah satu cara simpel yang bisa dilakukan, adalah mengubah tampilan layar menjadi gray scale untuk mencegah adiksi. Menghilangkan seluruh warna dari layar ponsel bisa membuat kita cepat bosan dan akan segera meletakkan ponsel.

Selain itu, kita juga bisa memperluas keragaman konten dengan mengakses berbagai jenis konten dari berbagai sumber. Dengan begitu, algoritma akan terprogram untuk menyediakan konten di luar berita buruk.
(dhevit/vincent/kus/madiuntoday)

 

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!