Lewat Budidaya Ikan Cupang Giant, Arnovian Pratikna Sukses Hasilkan Jutaan Rupiah Perbulannya

Di Posting Oleh madiuntoday

7 September 2020

MADIUN- Pamor ikan cupang sedang naik daun akhir-akhir ini. Selain karena termasuk ke dalam salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama, ikan yang satu ini juga memiliki beragam jenis dan warna yang memikat mata.

Tak terkecuali jenis Ikan Cupang Giant, sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Yakni ukurannya bisa mencapai 8 hingga 10 sentimeter. Tak hanya besar di badan, namun cupang giant ini juga memilki harga yang relatif mahal jika dibandingkan ikan cupang jenis biasa.

“Harga relatif. Bibit per seribu ekor 2 juta, per ikan dewasa 250.000 sampai 500.000 ribu. Kalau gradenya bagus bisa sampai 2 hingga 5 juta,” jelas Arnovian Pratikna.

Warga Kota Madiun yang bermukim di Jalan Maskumambang, Kelurahan Sogaten ini mengaku, sudah sejak tiga tahun lalu menggeluti dunia percupangan. Tak main-main, jenis ikan yang dijualnya termasuk dalam jenis cupang mahal. Yakni cupang giant, cupang plakat, dan cupang half moon.

“Awalnya ya cuma hobi, tapi kok banyak temen-temen yang dateng untuk ikut budidaya dan beli. Akhirnya saya bisniskan saja. Hasilnya cukup lumayan, bisa sampai jutaan perbulan,” ungkapnya.

Arnov mengaku, di tengah pandemi ini omset berjualan ikan cupangnya mengalami peningkatan. Hal itu lantaran banyak orang yang lebih memilih untuk beraktivitas di rumah, sehingga mereka memerlukan hobi baru sebagai cara untuk mengatasi kejenuhan.

“Ikan cupang ini kan perawatannya mudah, jadi banyak peminat. Paling bedanya kalau untuk budidaya cupang giant harus menyediakan wadah yang lebih besar daripada wadah buat ikan cupang biasanya,” pungkasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!