Kurangi Efek Radiasi Layar Gadget Selama Belajar di Rumah? Begini Caranya

Di Posting Oleh madiuntoday

10 September 2020

MADIUN- Hampir setengah tahun sudah kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 harus dilakukan dengan jarak jauh. Baik secara daring maupung luring. Pembelajaran jarak jauh itu pastinya menggunakan media digital seperti ponsel pintar, tablet atau laptop. Tak bisa dipungkiri, hal itu membuat anak lebih sering terpapar layar gawai.

Berdasarkan pendapat ahli, paparan sinar radiasi layar atau monitor dari perangkat elektronik selama beraktivitas bisa menimbulkan efek samping. Sehingga, risiko efek radiasi akibat terpapar gawai seharian juga perlu menjadi perhatian.

Biasanya, terlalu lama melihat layar laptop atau gawai dapat menyebabkan rasa pegal pada mata akibat menatap layar dalam waktu lama, mata lelah, hingga mata kering. Maka dari itu, berikut beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk mengurangi radiasi pada mata.

Gunakan lapisan pelindung (screen protector) untuk layar LED, terutama untuk ponsel. Pilih jenis yang tidak hanya melindungi layar anda dari debu, kotoran dan goresan, tetapi juga pancaran sinar radiasi, terutama blue light dan ultraviolet. Jika menggunakan kacamata, pilih jenis lensa yang juga dapat menghalau jenis cahaya blue light maupun UV lens.

Tingkat terang pada layar, tak lebih tinggi dari ruangan. Tingkat kecerahan layar tidak melebihi kondisi pencahayaan lingkungan tempat belajar dan bekerja. Melihat layar yang terlalu cerah di ruangan yang terlalu redup dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Manfaatkan pula setelan Dark Mode pada ponsel untuk mengurangi kecerahan dan radiasi layar.

Beri jarak mata dengan layar. Jarak yang dianjurkan antara mata dengan layar yakni sekitar 30-40 cm. Usahakan agar posisi gawai atau perangkat lebih rendah dari mata, yaitu dengan membentuk sudut lebih sekitar 15 derajat. Hindari menatap layar dalam kondisi berbaring karena dapat menyebabkan cedera punggung dan gangguan tulang belakang.

Terakhir, tak lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur. Untuk anak-anak usia lebih kecil, batasi penggunaan layar gawai. Manfaatkan gawai hanya untuk keperluan pembelajaran dan fasilitasi anak dengan permainan lain tanpa kehadiran gawai. Termasuk mengonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan mata. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan mata.
(Nanda/kus/madiuntoday)

 

Artikel Terkait

Don`t copy text!