Wali Kota Menyapa Edisi UMKM, Wali Kota: Masyarakat Kota Jangan Hanya Jadi Penonton

Di Posting Oleh madiuntoday

15 September 2020

MADIUN – Program Wali Kota Menyapa LPPL Radio Suara Madiun terasa berbeda kali ini. Bagaimana tidak, wali kota sebagai narasumber pasti dalam program ini ditemani Ketua Dekranasda. Tak heran, program talk show radio tersebut terasa makin gayeng.

Hadirnya Ketua Dekranasda juga bukan tanpa sebab. Hal itu mengacu tema dialog yang mengangkat soal UMKM di tengah masa pandemi sekarang ini. Tak heran, hadirnya Ketua Dekranasda Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi membawa nuansa tersendiri dalam gelaran acara.

Berbagai permasalahan terkait UMKM di masa pandemi mengemuka. Dialog makin komplit dengan bergabungnya sejumlah pelaku UMKM secara virtual. Pelaku UMKM ini sengaja dihadirkan untuk memahami kondisi mereka di tengah pandemi yang tak jua berkesudahan ini. Wali Kota mengaku senang dapat berjumpa secara virtual dan mendengarkan keluh kesah mereka secara langsung.

‘’Jadi pandemi ini telah berdampak pada banyak hal. Termasuk dunia usaha. Pemerintah sudah memberikan langkah antisipasi agar dampak tidak meluas sambil menyiapkan formula untuk lompatan ekonomi ke depan setelah pandemi nanti,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi, Selasa (15/9).

Seperti diketahui, Kota Madiun tidak pernah menerapkan PSBB. Semua kegiatan jual-beli tetap berjalan dengan pembatasan-pembatasan. Mulai hanya melayani secara take away hingga dengan model jaga jarak seperti sekarang ini. Hal itu ditempuh agar produk UMKM tetap laku. Saat ini, lanjut wali kota, Pemerintah Kota Madiun juga tengah menyiapkan formula lain. Yakni, peningkatan UMKM melalui jalur sepeda wisata.

‘’Kita siapkan jalur sepeda untuk wisata sampai di kelurahan. Jalur ini nanti untuk tempat berjualan produk-produk UMKM di tiap-tiap kelurahan. Tidak perlu bingung pembeli, kita yang hadirkan pembeli melalui wisata sepeda,’’ ungkapnya sembari menyebut masyarakat harus menyambut dan jangan hanya jadi penonton.

Senada dengan wali kota, Ketua Dekranasda Kota Madiun Yuni Setyawati menyebut sudah banyak upaya yang dilakukan untuk pelaku UMKM. Salah satunya, menyediakan stand-stand gratis di mall. Selain itu, pelatihan juga terus dilakukan. Di antaranya, pelatihan pemasaran di era digital. Mulai bagaimana memanfaatkan media sosial untuk berjualan dan mengemas produk agar terlihat menarik di internet. Pelatihan kembali di gelar di balai PKK Kota Madiun dalam waktu dekat.

‘’Kita semua tentu tidak ingin pandemi ini berkepanjangan. Mari kita bersabar dan terus berdoa agar pandemi segera berlalu. Dan pemerintah pastinya memberikan solusi terbaik untuk kebaikan bersama,’’ ujar istri Wali Kota Maidi yang juga Ketua TP PKK Kota Madiun itu. (dhevit/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!