Jelang Musim Penghujan, Petugas Makin Rutin Bersihkan Saluran

Di Posting Oleh madiuntoday

18 September 2020

MADIUN – Musim penghujan diprediksi sebentar lagi. Bahkan, gerimis mulai turun di Kota Madiun beberapa waktu lalu. Infrastruktur saluran menjadi vital kala musim penghujan tersebut. Karenanya, pembersihan saluran terus dilakukan di Kota Madiun. Seperti yang terlihat di sungai Jalan Merapi, Jumat (18/9). Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang membersihkan aliran yang berujung ke sungai Sumber Umis tersebut.

‘’Sesuai instruksi bapak wali kota, sungai dan saluran harus bersih. Bersih ini berarti lebih enak dipandang dan alirannya bisa lancar. Apalagi, ini mendekati musim penghujan,’’ kata Kepala Dinas PUTR Kota Madiun Suwarno, Jumat (18/9).

Bahkan, petugas hingga dipisah dalam beberapa tim. Pembersihan aliran sungai di Jalan Merapi tersebut dibersihkan sembilan petugas. Sisanya, membersihkan di titik lain. Pembersihan bukan hanya soal sampah. Tapi juga tanaman liar yang sudah cukup rimbun di aliran sungai. Tanaman tentunya bakal menggangu aliran jika dibiarkan.

Suwarno mengajak masyarakat untuk turut menjaga sungai dan saluran lain. Salah satunya, dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sebab, pihaknya seringkali mendapati sampah di aliran. Bahkan, tak jarang juga yang membuang batang pohon berukuran cukup besar. Tentu potensi penyumbatannya juga besar.

‘’Kebanyakan batang pohon pisang. Pisang yang buahnya sudah diambil, batang pohonya dibuang ke sungai. Biarpun nanti membusuk, tapi butuh waktu. Ini akan menghambat aliran airnya,’’ jelasnya.

Pekerjaan membersihkan sungai memang terlihat mudah. Namun, berperan vital. Terutama saat musim penghujan. Pemerintah Kota Madiun, memang memperlebar saluran di jalan-jalan protokol. Namun jika sungai yang menjadi ujung aliran tersumbat, perlebaran saluran juga tak akan maksimal.

‘’Sungai memegang peran penting. Mari kita jaga bersama. Paling tidak, tak membuang sampah di sungai,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!