Kampanyekan Electrifying Lifestyle, PLN Madiun Gunakan Motor Listrik Buatan Anak Negeri

Di Posting Oleh madiuntoday

18 September 2020

MADIUN – Isu kesehatan lingkungan kini menjadi fokus perhatian berbagai elemen masyarakat. Tak terkecuali instansi seperti PT PLN (Persero). Untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan motor listrik sebagai kendaraan operasional.

‘’Motor listrik dibagikan 2 per unit kami. Jadi, total ada 16 motor listrik yang kami gunakan di PLN UP3 Madiun,’’ tutur Manager Bagian Keuangan, SDM, dan Administrasi PLN UP3 Madiun Bintara Situmorang.

Menurut Bintara, hal ini sebagai upaya mereka untuk melakukan kampanye electrifying lifestyle. Dengan menggunakan motor listrik, otomatis polusi udara semakin berkurang. Sebab, motor listrik sama sekali tak menggunakan bahan bakar yang bisa menimbulkan emisi gas buang.

Tak hanya itu, motor listrik yang digunakan merupakan produksi anak negeri. Yaitu, GESITS yang awalnya dikembangkan oleh Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). GESITS kini telah menjadi merk dagang dan disempurnakan lagi melalui penelitian yang melibatkan lebih banyak universitas dan BUMN.

Lebih lanjut, Bintara menjelaskan, GESITS memiliki beberapa keunggulan. Selain ramah lingkungan, motor listrik ini dapat diisi daya melalui listrik rumah tangga 450 VA. Dengan daya baterai 19,4 Ah, motor listrik ini mampu berjalan 50 kilometer dengan maximum speed 70 km/jam.

‘’Selama enam bulan pemakaian ini tidak ada kendala yang berarti. Spare part mudah dicari di toko online dan service center-nya sangat kooperatif,’’ ujarnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!