Lihat Pahlawan Street Centre, Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jateng Ingin Kota di Jawa Tengah Tiru Kota Madiun

Di Posting Oleh madiuntoday

23 September 2020

MADIUN – Pahlawan Street Centre dengan Taman Sumber Wangi Kota Madiun cukup menarik daerah lain. Buktinya, Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah jauh-jauh datang untuk meniru. Rombongan komisi yang membidangani infrastruktur itu bakal mendorong daerah-daerah Tingkat II di Jawa Tengah untuk memiliki sesuatu yang ikonik seperti di Kota Pendekar.

‘’Sebelumnya ada tiga daerah yang menjadi tujuan. Setelah kita rapat internal, semua sepakat untuk ke Kota Madiun,’’ kata Ketua Komisi D DPRD Pemprov Jateng Alwin Basri, Rabu (23/9).

Pemilihan Kota Madiun bukan tanpa sebab. Kota Madiun, lanjutnya, cukup berhasil mengubah Jalan Pahlawan yang dulu biasa menjadi luar biasa. Pihaknya mengaku juga mencari informasi wajah Jalan Pahlawan tersebut sebelumnya. Menurutnya, sudah berubah total. Selain itu, pihaknya juga memuji cara Wali Kota Madiun dalam memanfaatkan ruang-ruang kosong menjadi sesuatu yang bernilai jual. Seperti Taman Sumber Wangi yang sebelumnya sungai menjadi taman ikonik. Menariknya, aliran sungai tidak ditutup. Namun, hanya memanfaatkan bagian atasnya.

‘’Konsepnya bagus ya. Jadi tidak ada alasan karena keterbatasan lahan. Buktinya, di Kota Madiun tetap bisa membangun yang seperti ini di tengah keterbatasan lahan. Dan menariknya penanganan Covid-19 di sini juga bagus. Pembangunan tetap berjalan tapi penanganan Covid-19 juga maksimal,’’ ungkapnya.

Selain itu, Alwin mengagumi sistem penganggaran pembangunan taman. Bukan hanya mengandalkan APBD. Tapi juga melibatkan perusahaan melalui dana corporate social responsibility (CSR). Wali Kota Madiun dinilai berhasil mendorong perusahaan untuk turut dalam pembangunan daerah.

‘’Jadi tidak hanya konsepnya. Tapi juga karena pendanaannya. Padahal susah kalau melibatkan CSR. Tetapi di sini berhasil menjaring CSR untuk pembangunan ini yang luar biasa,’’ imbuhnya.

Alwin menyebut bakal mendorong daerah di Jawa Tengah untuk seperti di Kota Madiun. Apalagi, ada banyak daerah di Jawa Tengah yang serupa dengan Kota Madiun. Daerah tingkat II berbentuk kota yang dikelilingi banyak kabupaten. Daerah kota ini juga menjadi sentral bagi wilayah kabupaten sekitarnya.

‘’Kita punya kota di Jateng yang seperti ini. Akan kita dorong untuk memiliki terobosan yang seperti ini,’’ pungkasnya sembari menyebut daerah-daerah tersebut nantinya juga akan studi banding ke Kota Madiun. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!