Jelang Musim Penghujan, Pemangkasan Pohon Makin Digenjarkan

Di Posting Oleh madiuntoday

24 September 2020

MADIUN – Persiapan jelang musim penghujan tak hanya perkara pembersihan saluran. Namun, juga pemangkasan pohon. Pemangkasan sebagai antisipasi pohon tumbang. Petugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman rutin melaksanakan pemangkasan pohon tiap hari.

‘’Pemangkasan kita fokuskan untuk pohon pinggir jalan sebagai antisipasi menghadapi musim penghujan,’’ kata Kepala Seksi Pertamanan dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Perkim Kota Madiun Andi Anto, Kamis (24/9).

Pemangkasan bukan sekedar perapian. Namun, pengurangan beban bagian atas pohon yang telah rimbun. Ini penting mengingat musim penghujan identik dengan angin kencang. Pohon yang kelewat rimbun berpotensi roboh sewaktu-waktu. Apalagi, jika terdapat bagian yang keropos. Karenanya, antisipasi terus dilakukan.

‘’Setiap hari petugas juga keliling melakukan monitoring. Pertama kita lihat dari tingkat kerimbunan. Kita juga lihat tanda-tanda keroposan secara fisik. Mulai adanya lubang pada batang, batang dan daun yang mati dan bagian akarnya. Petugas sudah cukup memahami ciri-ciri itu,’’ ungkapnya.

Namun, tentu tidak mudah. Setidaknya terdapat 15 ribu pohon total yang menjadi tanggung jawab Dinas Perkim. 4 ribu lebih di antaranya pohon di jalan protokol. Karenanya, pemangkasan juga berangkat dari laporan masyarakat. Diakuinya, laporan yang masuk cukup banyak hingga diberikan daftar tunggu. Sebaliknya, jumlah petugas terbatas.

‘’Kondisi setiap pohon juga berbeda-beda. Pemangkasan bisa lebih lama kalau banyak jaringan kabel di sekitarnya,’’ jelasnya sembari menyebut pihaknya bisa memangkas eempat sampai lima pohon dalam sehari kala lancar. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!