Akses Layanan Kesehatan Juga Bisa Melalui Pustu

Di Posting Oleh madiuntoday

30 September 2020

MADIUN- Keberadaan puskesmas pembantu (pustu)  selama ini terkesan diabaikan oleh masyarakat. Banyak dari mereka lebih memilih untuk memeriksakan kesehatan di rumah sakit, klinik swasta, atau puskesmas induk. Namun, di tengah pandemi ini, keberadaan pustu justru bisa jadi alternatif tempat berobat yang patut untuk diperhitungkan.

Pasalnya, sebagian besar lokasi puskesmas pembantu lebih dekat dengan kediaman. Selain itu, puskesmas pembantu juga lebih lengang jika dibadingkan dengan suasana puskesmas induk yang banyak didatangi orang dari berbagai daerah.

Hal itu diamini oleh Kepala Puskesmas Demangan Kota Madiun Neva Chandra Suroto, di tengah pandemi ini, pihaknya memang menganjurkan masyarakat untuk mengurangi intensitas mendatangi fasilitas kesehatan, utamanya rumah sakit ataupun puskesmas induk.

“Kalau tidak benar-benar sakit dan butuh penanganan sebaiknya ditunda dulu untuk datang ke puskesmas. Itu untuk menghindari penularan. Kalau pun memang harus ditangani bisa datang ke pustu terdekat. Pelayanan disana juga sama dengan puskesmas induk,” ungkapnya.

Pelayanan di pustu, lanjutnya, mencakup pelayanan poli umum, KIA, poli gigi, penyuluhan kesehatan dan lain sebagainya. Dirinya mengatakan, keberadaan pustu memang difungsikan untuk mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat.

“6 Puskesmas induk dan 18 puskesmas pembantu di Kota Madiun ini sebagai upaya pemeliharaan kesehatan di masyarakat. Harapannya penyediaan fasilitas kesehatan untuk masyarakat bisa merata di kota ini,” pungkasnya.
(nanda/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!