Masker Scuba Masih Boleh Dipakai, Asal Lebih dari Satu Lapis

Di Posting Oleh madiuntoday

30 September 2020

MADIUN – Sejak pandemi Covid-19, penggunaan masker scuba semakin populer di masyarakat. Selain nyaman, penutup hidung dan mulut dengan bahan elastis ini juga modis sehingga cocok untuk segala suasana. Namun, kini pemerintah telah melarang penggunaan masker scuba.

Hal inipun turut ditanggapi oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Madiun dr Tauhid Islamy, Sp.OG. Menurut Tauhid, fokus perhatian medis bukan hanya pada jenis kainnya saja. Melainkan, lapisan pada masker tersebut.

‘’Masker scuba hanya satu lapis. Pori-porinya juga besar. Perlindungannya sangat tipis. Sehingga, penggunanya masih berpotensi tertular atau menularkan Virus Korona,’’ tuturnya saat diwawancara dalam event Media Gathering bersama BPJS Kesehatan di Hotel Aston, Selasa (30/9).

Untuk itu, Tauhid menyarankan bagi pengguna masker scuba untuk melapisinya dengan kain, tisu, maupun masker medis. Sehingga, tingkat proteksinya lebih tinggi. Langkah ini juga sesuai dengan standar SNI. Yakni, masker kain minimal dua lapis.

Meski begitu, Tauhid juga mewanti-wanti masyarakat yang akan berhadapan dengan orang sakit. Misalnya, ketika menjenguk keluarga yang sakit. Sebaiknya menggunakan masker medis yang telah terjamin standarnya.

‘’Banyak kasus tertular atau menularkan karena penggunaan masker yang tidak tepat. Maka, harus dipahami peruntukannya. Demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!