Ikuti Upacara Kesaktian Pancasila, Wali Kota: Masa Lalu Tak Bisa Diubah, Kita Jadikan Pembelajaran untuk Mengubah Masa ke Depan

Di Posting Oleh madiuntoday

1 Oktober 2020

MADIUN – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya berjalan khidmat, Kamis (1/10). Begitu juga Forpimda Kota Madiun yang mengikuti upacara secara virtual dari GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun. Suasana khidmat kental terasa sedari awal kegiatan. Wali Kota Madiun Maidi mengajak masyarakat menjadikan peristiwa bersejarah itu sebagai pembelajaran untuk lebih baik ke depan.

‘’Ini merupakan suatu sejarah yang kita peringati sebagai pembelajaran. Masa lalu tentunya hanya untuk dikenang karena tidak bisa kita ubah. Tetapi bisa kita jadikan pembelajaran untuk mengubah masa depan agar lebih baik lagi,’’ kata wali kota usai mengikuti gelaran upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Peristiwa yang terjadi 55 tahun silam itu memberikan banyak pembelajaran. Setidaknya bagaimana peristiwa yang menewaskan sejumlah korban jiwa itu tidak lagi terulang. Peringatan untuk mengenang kejadian masa lalu, kata wali kota, penting dalam menentukan arah kebijakan ke depan. Karenanya, peringatan peristiwa penting di masa lalu penting dan perlu.

‘’Peringatan jangan hanya seremonial. Tetapi harus dapat memetik hikmah dari peristiwa yang diperingati itu untuk dijadikan pelajaran dan pengalaman. Paling tidak kita bisa melakukan langkah-langkah pencegahan kalau ada konflik dengan belajar dari peristiwa-peristiwa yang lalu. Bukan hanya terkait Kesaktian Pancasila, tapi peristiwa apa saja,’’ terangnya.

Wali kota menyebut upacara tetap berjalan khidmat kendati secara virtual. Apalagi, dipimpin Presiden Jokowi. Upacara peringatan memang hanya berlangsung di Monumen Pancasila Sakti. Sedang, forpimda mengikuti secara virtual dari daerah masing-masing. Tak terkecuali di Kota Madiun. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Awan Mendung Menggelayut di Atas Langit Kota Madiun

Awan Mendung Menggelayut di Atas Langit Kota Madiun

MADIUN- Dampak fenomena La Nina akan dapat dirasakan di Kota Madiun dan sekitarnya dalam beberapa waktu kedepan. Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi yang menyatakan bahwa saat ini tengah terjadi fenomena La Nina di...

Bebas Zona Merah, 50 Persen Wilayah Jatim Berstatus Zona Kuning

Bebas Zona Merah, 50 Persen Wilayah Jatim Berstatus Zona Kuning

SURABAYA – Upaya penanganan Covid-19 di Jawa Timur semakin membuahkan hasil yang optimal. Bahkan, sejak Selasa (20/10) sudah tak ada lagi kota/kabupaten yang berstatus zona merah. Bahkan, 50 persen di antaranya telah berstatus zona kuning. Atau, beresiko rendah. ‘’Dua...

Don`t copy text!