Pandemi Covid-19, Pembeli Emas Murni Justru Meningkat

Di Posting Oleh madiuntoday

7 Oktober 2020

MADIUN – Selama masa pandemi Covid-19, harga emas murni mengalami kenaikan yang cukup pesat. Bahkan, saat ini telah menyentuh angka lebih dari Rp 1 juta per gram. Namun, hal ini rupanya justru mendorong masyarakat untuk membeli logam mulia tersebut.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Regional Manager Galeri 24 Jatim Gita Puspita. Menurutnya, peningkatan permintaan ini terjadi sejak masa pandemi Covid-19 di Indonesia mulai menyebar. Bahkan, kenaikan permintaan per bulannya mencapai 80 persen dari sebelum pandemi. ‘’Baik pembelian secara tunai maupun tabungan emas,’’ tuturnya saat ditemui di Kantor Pegadaian Madiun, Jalan Cokroaminoto, Rabu (7/10).

Sejak Galeri 24 dibuka di Kota Madiun pada April 2020, total emas batangan yang telah terjual sebanyak 6,1 kilogram. Atau, telah mencapai 63,5 persen dari target penjualan tahun ini. Yakni 9,6 kilogram. Sedangkan, emas perhiasan telah terjual sebanyak 39,6 persen dari target 900 gram.

Sedangkan, penjualan emas batangan di regional Jatim sejak awal tahun ini hingga akhir September telah mencapai 72 persen dari target. Atau, hampir 92 kilogram dari target 125 kilogram. Sementara, penjualan emas perhiasan telah mencapai 4,1 kilogram dari target 7,8 kilogram tahun ini.

Menurut Gita, ada beberapa faktor yang menyebabkan logam mulia menjadi incaran pembeli di masa pandemi. Mulai dari faktor psikologis nasabah, isu ekonomi dan politik, hingga kekhawatiran masyarakat menabung di bank.

Lebih lanjut, Gita menuturkan, harga emas memang tidak dapat diprediksi. Tidak hanya dalam hitungan hari saja, dalam hitungan jam pun dapat berubah. Meski demikian, dia memprediksi bahwa penurunan harga ini tidak akan signifikan.

Untuk itu, Gita mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan investasi emas agar tidak menunda. Apalagi, jika sudah memiliki kemampuan untuk membeli emas. Baik emas fisik maupun tabungan emas. ‘’Jika untuk investasi, sebaiknya logam mulia daripada perhiasan. Tapi kelebihan perhiasan bisa dipakai,’’ jelasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!