Ikuti JOTA-JOTI, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Madiun Turut Berpartisipasi Dalam Kepanduan Dunia

Di Posting Oleh madiuntoday

16 Oktober 2020

MADIUN – Kegiatan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Madiun tak sekedar di lingkup lokal. Namun, juga sampai di tingkat internasional. Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Madiun kembali mengikuti Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) yang digelar World Organization of the Scout Movement (WOSM) alias Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia tersebut.

‘’Alhamdulillah setiap tahun kita mengikuti JOTA-JOTI ini. Artinya, gerakan Pramuka Kota Madiun bisa mengembangkan keilmuannya lebih luas lagi. Bukan hanya antar daerah tapi sampai negara,’’ kata Ketua Kwarcab Gerakan Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono, Jumat (16/10).

JOTA-JOTI, kata Suyono, merupakan kegiatan kepanduan digital terbesar di dunia. Artinya, kegiatan berlangsung secara daring dan melalui udara. Tak heran, kegiatan dibantu dan didukung kakak-kakak dari Orari. Suyoto berharap kegiatan menumbuhkan jiwa kepramukaan adik-adik di Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Madiun. Selain itu, diharap menambah persaudaraan antar anggota Pramuka di tanah air hingga di seluruh dunia. Makuml, kegiatan berbasis pendidikan ini memang menyatukan lebih dari 2,5 juta anggota pandu dari seluruh dunia.

‘’Karena diikuti banyak anggota dari berbagai negara, bisa menambah persaudaraan dan saling bertukar ilmu maupun pengalaman,’’ ungkapnya.

Apalagim kegiatan ini terhubung dengan sesama anggota pandu dari lebih dari 170 negara. JOTA-JOTI memungkinkan pesertanya untuk mempelajari tentang Kepanduan dan nilai-nilai kewarganegaraan global. Selain itu, Suyoto berharap anggota dapat belajar tentang teknologi komunikasi terutama melalui internet dan radio amatir.

‘’Adik-adik bisa berkomunikasi satu sama lain. Harapannya dapat membangun kerja tim, pemahaman lintas budaya, dan keterampilan untuk masa depan,’’ pungkasnya. (lucky/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!