Perbaikan Trotoar Tahap Dua Dimulai, Pekerjaan Ditarget Selesai Desember Nanti

Di Posting Oleh madiuntoday

26 Oktober 2020

MADIUN – Perbaikan trotoar tahap kedua dimulai. Setidaknya, terdapat enam titik proyek perbaikan fasilitas pejalan kaki itu untuk tahap kedua ini. Yakni, di trotoar di perbatasan barat, Jalan dr Soetomo, trotoar di kawasan simpang empat Te’an, trotoar di Jalan A Yani, hingga tikungan Jalan Semeru. Sejumlah perbaikan trotoar itu ditargetkan selesai Desember nanti.

‘’Ini baru mulai. Ada yang baru pengukuran, ada yang sudah pembongkaran,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Madiun Suwarno, Senin (26/10).

Pihaknya menyebut perbaikan kedua ini berangkat dari APBD perubahan. Tak heran, jika pekerjaannya baru dimulai. Panjang yang diperbaiki juga bervariasi. Perbaikan dirasa perlu karena kondisi sejumlah trotoar tersebut memang sudah rusak. Terutama dibagian keramiknya. Kendati hanya perbaikan, trotoar dipastikan bakal punya wajah baru. Selain penggantian keramik, juga ada penambahan kansteen atau pembatas antara trotoar dengan aspal jalan.

‘’Seperti arahan dari bapak walikota, trotoar tidak hanya nyaman bagi pejalan, tapi juga dibuat menarik untuk mempercantik wajah kota,’’ imbuhnya.

Terkait kualitas, Suwarno menyebut tidak perlu ditanyakan. Sebab, rekanan sudah cukup paham bagaimana keinginan wali kota saat ini. Rekanan, lanjut Suwarno, dipastikan tidak berani main-main. Sebab, kualitas trotoar dicek langsung wali kota. Bahkan, pengecekan tidak sekedar dilihat. Namun, dengan melindas trotoar dengan mobil. Jika pecah, siap-siap mengganti dan tidak akan dibayar sebelum diperbaiki. Parahnya, pekerjaan mereka akan menjadi catatan tersendiri ke depan. Rekanan bakal sulit mendapatkan pekerjaan lagi.

‘’Teman-teman rekanan sudah sangat paham kualitas bangunan yang diinginkan bapak wali kota. Seperti yang sudah-sudah, mereka akan serius daripada mengulang pekerjaan,’’ pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Madiun melakukan perbaikan sejumlah trotoar pada tahap pertama. Perbaikan di antaranya di Jalan Mastrip tepatnya di selatan Stadion Wilis, trotoar di Jalan Cokroaminoto, Jalan Bali, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Auri, dan trotoar di Jalan Basuki Rahmat. (nanda/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!