Harga Kebutuhan Pokok Naik, Picu Inflasi Oktober 2020

Di Posting Oleh madiuntoday

3 November 2020

MADIUN – Berdasarkan hasil pengamatan terhadap fluktuasi harga konsumen di Kota Madiun, baik di pasar tradisional maupun pasar modern, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi inflasi sebesar 0,11 persen pada Oktober 2020. Angka inipun lebih tinggi jika dibandingkan dengan Jawa Timur yang mengalami deflasi sebesar 0,02 persen dan nasional dengan inflasi 0,07 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPS Kota Madiun Umar Sjaifuddin dalam rilis inflasi Kota Madiun pada Oktober 2020, Selasa (3/11). ‘’Dari 8 kota/kabupaten penghitung inflasi di Jatim, empat daerah mengalami inflasi dan empat lainnya deflasi,’’ tuturnya.

Inflasi tertinggi tercatat di Kota Probolinggo sebesar 0,15 persen dan terendah di Kabupaten Jember sebesar 0,01 persen. Adapun deflasi terdalam terjadi di Kabupaten Sumenep sebesar 0,07 persen, Kota Malang deflasi 0,06 persen, Kota Kediri deflasi 0,05 persen dan Surabaya deflasi 0,02.

Lebih lanjut, Umar menjelaskan, beberapa kelompok pengeluaran menyebabkan inflasi pada Oktober 2020. Di antaranya, kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,07 persen. Kemudian, diikuti kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,04 persen. Serta, kelompok pengeluaran perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga, kelompok kesehatan dan kelompok transportasi sebesar 0,01 persen.

Adapun 5 komoditas utama penyumbang inflasi yaitu nasi dengan lauk dengan persentase kenaikan harga sebesar 1,05 persen dan andil inflasi 0,03 persen. Lalu, jeruk dengan persentase kenaikan harga dengan andil inflasi sebesar 8,45 persen dengan persentase kenaikan harga sebsar 0,03 persen dan daging ayam ras dengan persentase kenaikan harga sebesar 2,56 persen dan andil inflasi sebesar 0,03 persen. Serta, cabai merah, dan pisang.

Sedangkan, 5 komoditas utama penyumbang deflasi yaitu telur ayam ras, telepon seluler, Buah Naga, serta cabai rawit. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!