Optimalkan UMKM di Saat Pandemi, BPSDMP Kominfo Gelar Pelatihan Digital Entrepreneur Academy

Di Posting Oleh madiuntoday

20 November 2020

MADIUN – Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) harus kuat meski tengah pandemi Covid-19. Karenanya, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memajukan UMKM di tanah air. Upaya tersebut salah satunya datang dari Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Surabaya yang menggelar Digital Entrepreneur Academy di Kota Madiun. Pelatihan bagi pelaku UMKM di Kota Pendekar ini merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship 2020 Kemenkominfo.

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Eka Handayani menyebut pelatihan ini diharap dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang. Salah satunya, melalui digital marketing. Karenanya, materi pelatihan tak jauh dari digitalisasi dalam dunia usaha.

‘’Mudahnya, bagaiamana pelaku UMKM ini bisa go online,’’ kata Eka di sela pelatihan yang berlangsung di Aston Hotel Madiun, Jumat (20/11).

Sebanyak 40 peserta pelaku UMKM terpilih di Kota Madiun tersebut bakal mengikuti pelatihan selama dua hari. Tidak hanya materi, namun juga praktik. Salah satunya, teknik foto produk agar lebih menarik. Pandemi, kata Eka, tak dipungkiri memukul sektor usaha. Tak terkecuali pelaku UMKM. Pelatihan digitalisasi usaha pada UMKM diharap dapat mengembangkan UMKM akibat pandemi Covid-19 ini.

‘’Sedang, untuk daerah pelatihan ini juga mendukung percepatan revolusi industri 4.0 dan konsep smart city yang dekat dengan digitalisasi,’’ jelasnya sembari menyebut Kota Madiun merupakan satu dari enam daerah di Jatim yang dipilih sebagai lokasi pelatihan karena termasuk daerah dengan resiko rendah Covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri mengapresiasi kegiatan BPSDMP Kemenkominfo tersebut. Subakri yang juga hadir sebagai nara sumber pelatihan menyebut pelatihan akan sangat membantu pelaku UMKM di Kota Madiun. Pemkot Madiun memang tengah berupaya mengembangkan sektor UMKM. Berbagai upaya dilakukan. Selain pelatihan dan pendampingan, Pemkot melalui Dinas Kominfo juga membantu dengan program 1.500 titik wifi gratis.

‘’Kita juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Selain itu juga ada fasilitas wifi gratis. Ini semua juga dalam rangka mendukung pelaku UMKM. Pelatihan dari BPSDMP Kemenkominfo ini akan semakin melengkapi upaya pengembangan UMKM di Kota Madiun,’’ ujarnya. (rama/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!