Senam Lansia Bergulir Lagi, Wali Kota Ingin Kesehatan Warga Lanjut Usia Selalu Terjaga

Di Posting Oleh madiuntoday

20 November 2020

MADIUN – Senam lansia kembali dilaksanakan di Kota Madiun, Jumat (20/11). Giat rutin untuk warga lanjut usia itu cukup lama vakum karena pandemi Covid-19. Wali Kota Madiun Maidi memiliki alasan tersendiri mengaktifkan lagi olahraga, dan pemberian asupan gizi bagi warga sepuh tersebut.

‘’Senam lansia dimulai lagi tapi tidak keseluruhan. Kita bagi tiga atau empat kelurahan. Nanti bergantian,’’ kata wali kota.

Senam, biasanya memang diikuti seluruh lansia di Kota Madiun. Rutin dilaksanakan satu bulan sekali. Kagiatan biasanya juga dilakukan di lingkungan masing-masing saban minggunya. Wali kota menyebut lansia dinilai sudah cukup jenuh di rumah. Hal itu dinilai kurang bagus untuk kesehatan mereka. Melalui senam wali kota berharap kesehatan lansia terjaga secara fisik maupun mental.

‘’Tentu jenuh. Kita ajak senam lagi tapi tetap dengan protokol kesehatan. Peserta kita batasi untuk penerapan jaga jarak. Dengan bersosialisasi seperti ini mereka juga bisa senang. Bisa Bahagia. Kalau senang imunnya naik. Ini penting untuk mereka yang sudah lanjut usia,’’ jelasnya.

Kegiatan senam juga sengaja di Bumi Perkemahan Ngrowo Bening. Sebab, kawasan buper memiliki oksigen yang bagus karena banyak pepohonan besar. Ke depan, Ngrowo akan sering digunakan untuk kegiatan yang melibatkan lansia.

Kesehatan lansia, kata wali kota, penting. Terutama di saat pandemi Covid-19 ini. Lansia termasuk kelompok rentan. Sekali tertular sembuhnya cukup lama karena sudah memiliki penyakit penyerta. Karenanya, kesehatan lansia harus terus ditingkatkan. Lansia juga mendapat tambahan asupan gizi dalam kegiatan tersebut.

‘’Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar. Prinsipnya pemerintah terus berupaya memberikan layanan kesehatan sejak dari dalam kandungan hingga tua,’’ pungkasnya sembari menyebut angka usia harapan hidup di Kota Madiun cukup tinggi mencapai 72 tahun lebih. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!