Spesialis Pencurian Rumah Kosong Ditangkap, Pelaku Pura-Pura Jual Obat di Perumahan untuk Intai Sasaran

Di Posting Oleh madiuntoday

20 November 2020

MADIUN – Modus aksi pencurian bisa melalui beragam cara. Seperti yang dilakukan pria berinisial AWL (27) warga Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat ini yang berpura-pura berjualan obat keliling. Kegiatan berkeliling menawarkan obat tersebut dimanfaatkan pelaku untuk mengintai rumah sasarannya.

‘’Pelaku ini masuk ke perumahan dengan pura-pura menjual jamu tradisional. Ini dimanfaatkan untuk mengintai dan memetakan rumah yang kosong,’’ Kata Kapolres Madiun Kota AKBP R Bobby Aria Prakasa, Kamis (19/11) sore kemarin.

Pelaku, kata kapolre, beraksi bersama dua rekannya. Yakni, KRM dan HR yang merupakan teman satu kampungnya. Mereka berbagi tugas saat beraksi. Ada yang bertugas menjebol pintu atau jendela, ada yang masuk dan mengambil barang berharga, serta satu pelaku lain berjaga di luar rumah. Dari aksinya tersebut, mereka berhasil mendapatkan barang berharga seperti peralatan elektronik dan perhiasan. Nilainya ditaksir mencapai Rp 40 jutaan.

‘’Setelah mendapatkan laporan, petugas langsung melakukan pelacakan dan berhasil menangkap pelaku AWL di tempat indekosnya di daerah Kediri,’’ imbuh kapolres sembari menyebut pelaku beraksi di Kota Madiun sekitar Juli lalu.

Hasil pemeriksaan, komplotan spesialis rumah kosong ini juga beraksi di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan. Petugas masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku lain yang berhasil kabur saat penangkapan. Kapolres berharap kejadian semakin membuat masyarakat waspada. Terutama dengan modus serupa. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!