Bekali Kreativitas Berwirausaha, Belasan Anak Spesial Dapat Pelatihan Buat Telur Asin




MADIUN - Belasan anak berkebutuhan khusus yang tergabung dalam Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kedisabilitasan (FKKADK) Kota Madiun, terlihat lebih sibuk dari biasanya. Mereka dengan penuh antusias memperhatikan arahan dari pelatih untuk mengolah telur bebek menjadi telur asin. 


Pemandangan tersebut terlihat di shelter milik Dinsos yang ada di Jalan Srindit, Kota Madiun. Mulai dari perendaman hingga pengepakan telur asin yang sudah siap jual, seluruhnya diikuti dengan penuh semangat. 


“Ini merupakan pelatihan wirausaha bagi para penyandang disabilitas. Tujuannya, sebagai bekal mereka setelah lulus sekolah. Harapannya mereka bisa mandiri,” ungkap 

Harlin Prasetyowati, Sub Koordinator rehabilitasi sosial pemerlu pelayanan kesejahteraaan sosial lainya Dinsos PP dan PA Kota Madiun. 


Maklum, para peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan itu adalah mereka para penyandang disabilitas yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Maka dari itu, sebagai bekal setelah lulus sekolah, mereka diberikan pelatihan keterampilan wirausaha seperti yang sedang diikuti itu. 


“Harapannya ini bisa jadi peluang mereka untuk mandiri. Kedepan akan ada pelatihan keterampilan serupa supaya anak-anak muda spesial ini berdaya,” pungkasnya. 

(Dspp/kus/madiuntoday)