Susun Strategi Penanganan TBC, Pemkot Madiun Gelar Rakor Rencana Aksi Daerah




MADIUN - Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana menggelar Rapat Koordinasi Rencana Aksi Daerah (RAD) eliminasi Tuberkulosis (TBC) tingkat daerah. Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom Sun Hotel Madiun, Kamis (25/8). 


Dihadiri oleh Wali Kota Madiun Maidi, Rakor RAD TBC membahas tentang keberadaan penyakit tersebut di Kota Pendekar. Juga, upaya penanganannya agar bisa benar-benar diberantas. 


"TBC harus kita kejar. Penyakit ini merepotkan. Bisa menular ke siapa saja," tuturnya. 


Menurut wali kota, beragam upaya telah dilakukan pemerintah kota. Salah satunya, mensinergikan puskesmas dan OPD untuk melaksanakan penyisiran TBC di wilayah Kota Madiun. 


Tak hanya itu, upaya jemput bola bagi pasien suspect TBC juga telah dilakukan. Serta, pendampingan untuk proses pengobatan hingga sembuh. 


Sementara itu, Sekretaris Dinkes PPKB Kota Madiun dr. Ismudoko mengatakan bahwa TBC dapat disembuhkan. Namun, diperlukan komitmen kuat dari penderita dan orang-orang sekitar untuk mematuhi langkah-langkah penyembuhan. 


"Ini yang biasanya sulit dilakukan masyarakat," ucapnya. 


Untuk itu, Ismudoko mengimbau bagi penderita TBC agar bisa menjalani proses pengobatan sesuai aturan. Sehingga, penyakitnya tidak bertambah parah. 


"Jangan malu untuk berobat. Semakin cepat tertangani, semakin cepat sembuh juga," tandasnya. (Nanda/irs/diskominfo)