Agar Tak Ketinggalan Zaman, Korem 081 DSJ Canangkan Digitalisasi UMKM Binaan



MADIUN – Digitalisasi usaha merupakan suatu keharusan agar tidak tertinggal. Karenanya, pelaku usaha berbondong mulai migrasi ke penjualan online belakangan ini. Namun, beberapa di antaranya ada yang masih kesulitan. Hal itu, butuh peran bersama untuk membantu para pelaku usaha tersebut. Komando Resor Militer (Korem) 081 Dhirotsaha Jaya Madiun pun tak ingin tinggal diam. Pencanangan digitalisasi dilakukan kepada pelaku UMKM binaan Korem 081.


‘’Ini berawal tingkat Kodam dan semua jajaran Korem termasuk Korem 081 juga melakukan kegiatan ini. Kita panggil semua pelaku UMKM binaan dan kita datangkan penggiat atau pihak e-commerce untuk memberikan pelatihan dan memfasilitasi pelaku UMKM binaan kita,’’ kata Komandan Korem 081 DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki di sela pencanangan digitalisasi, Kamis (25/8).


Setidaknya ada ratusan pelaku UMKM yang terlibat. Maklum, ada sebelas daerah di wilayah kerja Korem 081 DSJ. Selain wilayah eks karisidenan Madiun juga ditambah Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, dan Kota Blitar. Komandan Korem 081 menyebut pencanangan digitalisasi UMKM tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi pelaku usaha. Dari yang sebelumnya hanya berjualan secara konvensional bisa perlahan juga berjualan secara online. Hal itu dirasa perlu agar usaha yang dijalankan tidak mati tertinggal zaman. 


‘’Selain itu seperti yang disampaikan bapak wali kota tadi, kami ingin masyarakat tidak takut ke Korem. Kalau dulunya kesannya seram, sekarang kita buka. Masyarakat bisa turut meramaikan kegiatan ini,’’ ungkapnya. 


Deni menyebut TNI sekarang memang harus lebih humanis dan bersatu dengan masyarakat. Karenanya, pihaknya juga mengundang pelajar untuk mengisi acara selama kegiatan bazar tersebut. Pun, bazar yang dibuka sejak dua hari lalu itu diperpanjang sampai Sabtu mendatang. Deni menyebut hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan lebih luas lagi kepada pelaku UMKM maupun masyarakat yang ingin datang ke lokasi bazar. Berbagai barang unggulan di belasan daerah wilayah kerja Korem 081 tersebut tentu sayang untuk dilewatkan. 


‘’Prinsipnya kami juga ingin berkontribusi dalam penguatan ekonomi. Ekonomi kuat negara hebat,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)