Salat Isya di Masjid Al Mubarok, Wali Kota Bagikan Bibit Tanaman untuk Kemandirian Pangan




MADIUN – Upaya menekan inflasi di Kota Madiun terus digencarkan Wali Kota Madiun, Maidi di berbagai kegiatan. Seperti yang terlihat saat kegiatan Salat Isya berjamaah bersama Wali Kota Madiun di Masjid Al Mubarok Kelurahan Kanigoro, Selasa (20/9). Orang nomor satu di Kota Pendekar itu menyampaikan strategi menekan inflasi saat dialog usai gelaran ibadah. 


Tak hanya itu, wali kota juga membagikan bantuan bibit tanaman untuk memperkuat kemandirian pangan masyarakat. Hal itu dinilai penting untuk meminimalkan dampak akibat inflasi.


‘’Ada sedikit gejolak kenaikan harga dan inflasi. Tetapi tidak usah khawatir, pemerintah sudah memberikan upaya-upaya untuk menekan itu,’’ kata wali kota. 


Pemerintah Kota Madiun memang menyiapkan bibit tanaman sayur dan buah sebanyak 10 ribu bibit. Khusus sayur, wali kota mengedepankan tanaman cabai. Sebab, cabai kerap memicu inflasi di Kota Madiun. Maklum, Kota Madiun dikenal dengan kuliner pecelnya. Karena itu, kebutuhan cabai cukup tinggi. Wali kota berharap masyarakat memiliki tanaman cabai di pekarangan masing-masing. Bahkan, mereka yang memiliki lahan ditawarkan untuk mengganti dengan tanaman cabai. Selain itu, pemerintah juga memberlakukan sebagian tanah bengkok untuk ditanami cabai dan sayuran lain. 


‘’Kalau masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari secara mandiri, akan membantu menekan inflasi,’’ ujarnya. 


Dalam kesempatan itu wali kota juga menyalurkan bantuan sembako, sambungan gratis PDAM, jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan untuk sektor informal, juga santunan. Bantuan-bantuan tersebut setidaknya diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terkait gejolak inflasi saat ini. 


‘’Kita juga punya wartek, warung tekan inflasi, kita subsidi jadi harganya lebih murah,’’ pungkasnya. (nanda/agi/diskominfo)