Pastikan Harga Kuliner Stabil, Wali Kota Cek Langsung ke Pedagang




MADIUN – Harga makanan dan minuman olahan masih cukup stabil di Kota Madiun. Hal itu mengemuka setelah Wali Kota Madiun, Maidi meninjau langsung sejumlah pedagang makanan dan minuman di salah satu pusat perbelanjaan. Harga jual produk pedagang tidak mengalami kenaikan. Begitu juga takaran atau volume produkanya yang juga masih tetap alias tidak dikurangi. 


‘’Beberapa waktu belakangan kita gencar menekan harga bahan kebutuhan pokok dengan memberikan subsidi. Nah, minggu ini kita cek apakah produk-produk olahan harganya naik apa tidak. Setelah kita cek ternyata masih stabil,’’ kata wali kota usai meninjau sejumlah gerai di Plaza Lawu Madiun, Minggu (25/9).


Namun, wali kota tak menampik ada beberapa yang mengalami kenaikan. Khususnya, bahan makanan yang berbahan baku tepung. Harga tepung memang belum mendapat perhatian wali kota. Tak heran, kuliner berbahan tepung mengalami kenaikan. Ke depan, wali kota bakal melakukan intervensi untuk komoditi tepung seperti bahan makanan lainnya. 


‘’Nanti kita telusuri, tepungnya mengambil dimana, ke pedagang siapa, nanti kita lakukan intervensi biar harganya stabil. Kalau harga stabil, nilai jual produk olahan berbahan tepung juga terjaga,’’ jelasnya. 


Selain itu, wali kota juga memastikan produk kuliner tersebut tidak dikurangi volumenya. Hal itu wajar untuk menyiasati kenaikan harga. Penjual tidak menaikkan harga produknya. Tetapi mengurangi volume produknya. Nah, wali kota mengaku juga tidak menemukan praktik seperti itu. Pengecekan tersebut penting untuk memastikan daya beli masyarakat tidak menurun.


‘’Daya beli masyarakat tidak boleh lesu. Kalau lesu perputaraan uang juga terganggu. Kita turun untuk memastikan itu,’’ pungkasnya. (luqman/agi/madiuntoday)