Kampung Tematik Manisrejo dan Patihan Telah Rampung, Juga Ada Lima RTH di APBD Perubahan Ini



MADIUN – Kampung Tematik di Kota Madiun semakin banyak dan beragam. Setidaknya, terdapat dua kampung tematik yang telah selesai pembangunannya di tahun ini. Yakni, Kampung Tematik Kelurahan Manisrejo dan Kelurahan Patihan. Sebelumnya, juga ada Kampung Tematik Kelurahan Kelun yang lebih dulu rampung. 


‘’Total ada tiga yang di APBD murni tahun ini dan (pembangunan) semuanya sudah selesai,’’ kata kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Totok Sugiarto, Jumat (7/10).


Kampung tematik, lanjut Totok, dianggarkan Rp 200 juta. Seperti halnya Kampung Tematik Kelun, Kampung Tematik Manisrejo juga bakal menjadi penunjang lapak. Sebab, tak jauh dengan Lapak UMKM Kelurahan yang sudah lebih dulu ada. Lapak Manisrejo berada di Jalan Pagu Indah. Nah, Kampung Tematik ini tepat berada di seberang jalan. Karenanya, bakal saling melengkapi. 


‘’Kalau bisa saling melengkapi kan bagus. Bisa jadi satu kesatuan,’’ ungkapnya. 


Berbeda dengan lapak, Kampung Tematik seperti ruang terbuka. Terdapat fasilitas bermain dan juga spot foto. Namun, keberadaan Kampung Tematik tidak untuk berjualan. Namun, tak menutup kemungkinan bakal ditambahkan fungsinya ke depan. Selain itu, juga ditambahkan arena bermain anak dan juga kursi taman beserta payungnya. 


Selain Kampung Tematik, pihaknya juga membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Setidaknya ada sejumlah RTH baru. Dua di antaranya yakni RTH Arum Dalu Kelurahan Oro-Oro Ombo dan RTH Kejuron. Nah, dalam APBD perubahan ini juga bakal ada RTH baru. Setidaknya, ada lima RTH baru. Yakni, RTH di Jalan Dwi Jaya, Demangan, Jalan Mastrip Chess Area, Jalan Depok Manis, dan Jalan Piranha Kelurahan Kelun. Kelimanya tengah dalam proses saat ini.


‘’Prinsipnya akan semakin banyak Kampung Tematik dan RTH di Kota Madiun,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)