Dua KIM Kota Madiun Sabet Juara di Ajang East Java KIM Hackathon 2023




MADIUN - Dua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Madiun sabet juara di ajang East Java KIM Hackathon 2023. Yaitu, KIM Pandan Arum yang berhasil membawa pulang juara 2 dan KIM Pesanggrahan yang membawa pulang juara harapan pertama.

Mereka menyisihkan ratusan mahasiswa dan KIM dari berbagai daerah di Jawa Timur. East Java KIM Hackathon sendiri merupakan kompetisi yang mempertemukan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dengan mahasiswa untuk membuat sebuah proyek bersama dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan masyarakat.

Dalam event yang digelar di Singapore National Academic (SNA) itu, KIM Pandan Arum mengusung program Kampung Penggerak Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kartika). Yaitu, program kampanye dan edukasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan oleh KIM Pandan Arum Kelurahan Pangongangan.

Bentuk kegiatannya terdiri dari ruang belajar bersama (common room study) dan kampanye bersama. Ruang belajar bersama ini menggunakan metode training of trainer. Sementara untuk KIM Pesanggrahan, Kelurahan Taman mengusung program urban farming berbasis digital.

Untuk diketahui, kompetisi ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pertama, masing-masing KIM mendaftar dengan menyampaikan video beserta proposal dan terpilih 30 KIM yang masuk pada tahap kedua. Pada tahap ini masing-masing KIM di dampingi Dinas Kominfo kabupaten/kota untuk menyampaikan presentasi.
 
Selanjutnya, terpilih 22 KIM terbaik dan yang sudah diseleksi oleh Dinas Kominfo Jatim. Kemudian mereka berkolaborasi bersama dengan tim mahasiswa yang juga terseleksi untuk membuat sebuah proyek bersama. Lalu mengikuti babak karantina. Dalam babak tersebut, para peserta mengerjakan sebuah proyek untuk mendukung program KIM di daerah selama total 60 jam di Singapore National Academy.
(Tyo/kus/diskominfo)