Antisipasi Rabies, DKPP Gelar Vaksinasi Gratis Untuk 150 Hewan Peliharaan




MADIUN - Kegiatan vaksinasi rabies gratis di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun kembali digelar. Rabu (27/9), kegiatan tersebut berlangsung di kantor DKPP sejak pukul 07.30.

"Ini adalah tindaklanjut kegiatan kita sebelumnya. Saat itu kami sediakan 250 vaksin namun ternyata masih ada permintaan dari masyarakat. Untuk itu, di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan, red) ini kami sediakan 150 dosis lagi," ujar Kepala DKPP Kota Madiun Totok Sugiarto.

Adapun hewan peliharaan yang diikutkan vaksin kali ini adalah anjing dan kucing. Tujuannya, untuk meningkatkan perlindungan masyarakat. Khususnya, dari bahaya rabies.

"Meski di Kota Madiun belum ada temuan kasus namun kita tidak mau kecolongan. Maka kami laksanakan kegiatan ini sebagai langkah antisipasi," tuturnya.

Kegiatan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan inipun mendapatkan respon positif dari masyarakat. Sejak pagi, pengunjung yang datang terus bertambah. Bahkan, ada yang membawa lebih dari satu hewan peliharaan.

Salah satunya seperti diungkapkan oleh Yudiasari, warga Perumahan Merak Indah, Kota Madiun. Dirinya mengaku telah mengikuti kegiatan vaksinasi rabies di DKPP setiap tahun.

"Kali ini saya bawa empat kucing. Tujuannya agar bisa ikut menjaga kesehatan hewan peliharaan dan lingkungan," terangnya.

Perempuan yang akrab disapa Sari inipun mengaku bahwa program vaksinasi rabies gratis cukup membantunya sebagai pecinta hewan. Sebab, biaya vaksinasi mandiri tidak murah. Sekitar Rp 75 ribu - 125 ribu.

"Harapannya kegiatan ini bisa terus berlangsung setiap tahun karena sangat membantu bagi pecinta hewan," pungkasnya. (Ney/irs/madiuntoday)