Musrenbang di Kelurahan Manguharjo, Wali Kota Juga Sampaikan Hasil Pembangunan Kota




MADIUN – Giat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan tak hanya berlangsung pagi dan siang hari. Namun, juga berlangsung malam hari. Seperti yang terlihat di Kelurahan Manguharjo yang berlangsung, Kamis (11/1) malam. Seperti giat sebelumnya, Musrenbang tak hanya sebagai sarana menentukan usulan prioritas untuk pembangunan 2025 mendatang. Namun, juga sarana sosialisasi hasil pembangunan yang sudah terlewati.

‘’Kota Madiun sekarang ramainya seperti ini. Mereka datang tanpa diundang. Ini salah satu contoh hasil pembangunan,’’ kata Wali Kota Madiun, Dr. Maidi.

Pembangunan di Kota Madiun memang cukup pesat di bawah kepemimpinan Wali Kota Dr. Maidi. Berbagai tempat baru bermunculan tanpa mengurangi pembangunan lingkungan. Ke depan, pembangunan juga akan terus dilanjutkan. Wali Kota Dr. Maidi berencana menambah replika Tembok Besar Cina, Piramida Mesir, dan Menara Dubai Burj Khalifa.

‘’Kota ini mendunia tetapi belum sempurna. Ke depan akan semakin kita sempurnakan dengan menghadirkan ikon-ikon baru,’’ jelasnya.

Dalam giat Musrenbang tersebut juga mengemuka sejumlah usulan prioritas. Di antaranya, perbaikan jalan, saluran, perbaikan area makam, pavingisasi, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jambanisasi, dan lain sebagainya. Sementara untuk usulan non fisik mulai dari penerangan jalan umum, cermin cembung, speed bump, pengadaan sarana dan prasarana (sarpras) kelurahan, hingga program pemberdayaan masyarakat melalui berbagai pelatihan.

‘’Musrenbang itu salah satu bagian dalam menentukan kebijakan untuk kesempurnaan ke depan. Makanya, kegiatan ini penting untuk dilakukan,’’ pungkas wali kota. (ney/agi/diskominfo)