Efisiensi Pengelolaan Sampah, Pemkot Pasang Sensor di Tiap Kontainer




MADIUN - Pengelolaan sampah di Kota Madiun bakal lebih efisien kedepan. Hal itu setelah dipasangnya sensor waste bin di tiap kontainer pengangkut sampah. Seperti yang terlihat di TPA Winongo, Selasa (27/2).

Wali Kota Madiun, Dr.Maidi melakukan pengecekan langsung pemasangan sensor di lokasi tersebut. Menurutnya, pemasangan sensor sejalan dengan predikat smartcity yang disandang kota.

“Kota sudah smartcity maka untuk efisiensi pengelolaan sampa kita pasangi sensor ke kontainer. Karena jangan sampai truk keluyuran ambil sampah tapi sampahnya separo. Pengelolaan sampah di kota betul-betul harus efisien,” tegas wali kota.

Sistematikanya, setelah dipasang sensor nantinya sensor akan mengirim notifikasi kapan seharusnya sampah dari TPS penuh dan kontainer pada jam berapa akan diangkut. Artinya, akan ditemukan jam berapa kontainer akan diangkut.

Terpisah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah P3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Afandi mengatakan di Kota Madiun saat ini ada 36 TPS. Untuk tahap pertama, ada sekitar 15 kontainer yang dipasangi sensor.

“Secara bertahap akan kita tambah pemasangannya. Lewat pemasangan sensor ini kita jadi bisa memetakan kebutuhan sarpras, SDM, hingga aktivasi di TPA,” terangnya.

Melalui pemasangan sensor ini diharapkan pengelolaan sampah di Kota Madiun lebih terarah dan efisien. Sehingga tidak akan terjadi penumpukan sampah.
(Ney/kus/madiuntoday)